Home Issue Cars Toyota Menghebohkan Tokyo Auto Salon 2018

Toyota Menghebohkan Tokyo Auto Salon 2018

Divisi balap Toyota, Toyota Gazoo Racing telah memperlihatkan sebuah mobil yang cukup keren. Mobil tersebut dinamakan GR Super Sport Concept yang siap dihadirkan di pameran modifikasi Tokyo Auto Salon 2018, 12-14 Januari 2018. Ini bukan mobil sport biasa, melainkan mobil sport super atau hypercar. Menggunakan mesin 2,4 liter, twin turbo V8 dan THS-R hybrid system, GR Super Sport mampu mengeluarkan tenaga mendekati 1.000 Hp atau tepatnya 986 Hp.

Toyota Gazoo Racing memang tidak akan memproduksi mobil tersebut dalam waktu dekat. Namun, Toyota Gazoo Racing ingin memberikan rasa baru bagi penggemar mobil sport generasi berikutnya. Pasalnya, kendaraan ini cukup menarik karena terinspirasi dari mobil balap Hybrid World Endurance Championship TS050.

“Daripada mengembangkan mobil produksi untuk balap, kami justru ingin membawa pengetahuan didapat di arena balap kedalam mobil produksi, dengan segala batasannya, dan inilah bagaimana arena kompetisi berkontribuai terhadap upaya Toyota Gazoo Racing membuat mobil lebih baik lagi,” jelas Shigeki Tomoyama, presiden Toyota Gazoo Racing.

Dalam mendesain Toyota GR Super Sports ini, ilham Toyota dan GR benar-benar hanya tertuju ke spek mobil balap ala FIA WEC. Tidak ada lampu depan, tidak ada pintu tradisional, tidak ada jendela biasa, dan tidak ada sedikit pun kesan bahwa mobil itu layak berkeliaran di jalan raya. Akan tetapi, ia diselimuti banyak komponen aerodinamika yang jelas fungsinya dari depan ke belakang.

Lihatlah canards di depan dan desain apron depan yang aneh. Komponen-komponen itu benar-benar kelihatan dicomot langsung dari TS050, hanya sedikit dirapikan. Ada juga sirip dan spoiler belakang yang ukurannya sangat besar. Ini benar-benar terlihat seperti perpanjangan aktivitas motorsport yang dirasuki segala pengalaman balap Toyota dan mengubahnya menjadi mobil konsep.

Toyota menambahkan, persaingan segmen mobil hybrid dan listrik, perkembangannya sudah memasuki tahapan produksi. Hal tersebut dikatakan Tomoyama dengan membandingkan GR Super Sport Concept dan mobil listrik e-Palette. “Jika konsep e-Palette adalah ‘kereta kudanya’ mobil listrik masa depan, maka GR Super Sport Concept adalah ‘kuda pacunya’. Meskipun berbeda konsep, namun kedua mobil listrik tersebut saling berhubungan dengan menggunakan teknologi IT terbaru untuk kendaraan yang aman dan ramah lingkungan,” jelasnya.

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT