Home Did You Know? Tujuh Langkah Murah Ikut Balapan Speed Offroad

Tujuh Langkah Murah Ikut Balapan Speed Offroad

Balapan Speed Offroad memang cukup booming pada beberapa tahun belakangan. Terlebih dengan kalender balap yang teratur sehingga banyak peserta tergiur untuk turut serta. Tetapi pasti banyak yang beranggapan bahwa yang mengikutinya pasti berkocek besar.

Memang tidak menutup mata bahwa peserta rata-rata datang dari pengusaha kaya. Tapi jika balapan dengan menyesuaikan kemampuan mobil, skill menjadi bagian terpenting karena kendaraan setiap peserta akan tidak berbeda jauh. Dan budget dana pun tidak besar untuk digelontorkan, Jadi 7 langkah apa saja yang harus dipersiapkan, berikut tipsnya:

  1. Mobil 4×4

Tanpa kendaraan 4 x 4 tentu ngga bisa ikut balapan speed offroad kan. Nah untuk memilih mobil perang harus disesuaikan dengan budget sehingga tahu kelas apa yang akan diikuti. Mobil yang termurah adalah Suzuki Jimny karena sudah 4×4 dengan budget sekitar 30 – 40 jutaan.

Tergantung kondisi yaa. Kadang jika beruntung bisa mendapatkan dengan harga yang jauh dibawa itu. Apalagi kalo masih berupa bahan, namun pastikan kondisi chasisnya. Jangan ada bagian yang berkarat atau keropos.

  1. Roll Bar plus Seat Belt

Setelah mobil ada, piranti yang harus dilengkapi adalah pelindung yaitu roll bar. Fungsi dari roll bar adalah  untuk melindungi pembalap dan navigator yang berada di dalam mobil ketika terjadi benturan atau klontang. Pipa besi yangterpasang di kabin mobil akan menahan body mobil agar tidak langsung hancur dan melukai pengendara maupun navigator.

Jadi jangan coba-coba ngga pakai roll bar untuk ikut balapan, jangankan berada di garis start. Saat scrutt atau proses pemeriksaan kelengkapan sebelum balap akan langsung diusir panitia lomba. Biaya untuk membuat dan memasang roll hanya merogoh kocek kira-kira 6 jutaan. Sangat tidak mahal untuk urusan menyelamatkan nyawa.

“Pokoknya tidak ada toleransi untuk faktor safety. Kalaupun ada toleransi sifatnya kecil sekali. Misalnya kalau yang pembalap dengan budget besar akan pakai pipa berbahan chromoly untuk roll bar nya. Nah untuk yang budget rendah bisa menyiasati dengan menggunakan pipa seamless.”

Seat belt dan jok jika wajib menggunakan yang mampu melindungi pengendara dan navigator saat klontang atau lainnya. Budget yang dibutuhkan sekitar 7 jutaan, memang cukup mahal tapi kembali lagi “urusan safety tidak ada toleransinya.”

  1. Suspensi

“Kenapa suspensi paling penting, soalnya medan speed offroad paling menyiksa bagian kaki. Dan suspensi jadi salah satu faktor utama penentu handling kendaraan. Menurut saya, seluruh modifikasi performa itu yang terpenting adalah untuk mendapatkan handling sempurna. Akan sangat percuma jika mobil mesinnya kencang tapi suspensi tidak sesuai atau salah settingan. Yang ada malah mobil susah dikendaliin, hasil waktu tempuhnya juga jadi ngga bagus.”

Nah urusan suspensi hanya membutuhkan uang sekitar 8 juta untuk menebus shock aftermarket ‘ekonomis’ dan Per daun Customs. Dengan pengaturan yang sesuai kebutuhan maka handling mobil akan lebih mudah sehingga catatan waktu tentu akan terpangkas.

  1. Upgrade Mesin

Dengan berbekal mesin bawaan dari Suzuki Jimny, kelas yang dapat diikuti adalah G.2.1 (Jimny 1000cc Semi Modifikasi). Agar mesin memiliki performa yang tidak kalah, anda cukup meng-upgrade mesinnya. Biaya pun juga tergolong masih murah hanya sekitar 5 juta.

Bagian mesin yang kena oprek adalah skir klep, mengganti header. Pengapian yang meliputi Busi, Koil dan kabel Busi juga harus diganti. Karburator cukup disetting aja karena masih langkah minimalis. Selain itu, cukup menambahkan 500 ribu untuk Engine Cut Off agar dapat mematikan mesin dengan cepat.

  1. Ban

Setelah mesin, ban harus disesuaikan medan yang akan dilibas. GT Radial tipe Savero Komodo MT dengan ukuran 235/75 R15 menjadi pilihan Julian Johan. Selain harganya yang hanya 3,2 jutaan untuk menebus 4 buah, kemampuannya sangat bagus dalam melibas medan speed offroad di Indonesia.

Dan ban ini telah terbukti kemampuannya karena digunakan oleh mayoritas mobil speed offroad yang berlaga dalam kejuaraan speed offroad.

  1. Rem

Piranti ini tidak perlu diganti untuk yang masih di kelas standar, cukup dipastikan mampu bekerja dengan baik. Tetapi pastikan kampas rem dalam kondisi sangat bagus karena pengereman sangat penting dalam melibas medan speed offroad.

  1. Appareal

Setelah enam langkah tersebut, baru merambah ke bagian lain. Ngga perlu semuanya memakai yang branded, terutama untuk yang budget terbatas. Yang penting kalau pakai barang generik itu sudah memenuhi kriteria, seperti untuk baju balap (racing suits), produk lokal pun tidak kalah kemampuannya dengan harga sekitar 1,5 juta. Sarung tangan (glove) cukup menggunakan yang digunakan untuk sepeda motor dan wajib menutupi seluruh jari jadi harganya sekitar 250 ribuan. Kalau sepatu bisa menggunakan jenis apapun yang penting jangan pakai sandal.

Setelah 7 langkah tersebut, maka anda siap untuk mengikuti kejuaraan speed offroad. “Tapi jangan lupa mempersiapkan komponen cadangan yaa, karena dengan 4 special stage (SS) banyak kemungkinan yang terjadi”

“Dan jangan lupa latihan bersama navigator agar dapat mengenal handling kendaraan plus mengatur strategi dalam membaca jalur,”

Narasumber : Julian Johan

 

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)