Home Event Drag Race Umar Suhartono Catatan Membaik Di luar Prediksi

Umar Suhartono Catatan Membaik Di luar Prediksi

Sentul, 8 Mei 2016 – Akhirnya kejuaraan nasional drag race seri ketiga di tahun 2016 telah resmi diadakan. Seperti dengan dua seri sebelumnya, kejurnas drag race kembali diadakan di Sentul Internasional Circuit pada 7 – 8 Mei 2016.

Sebanyak 287 pembalap drag race yang mengikuti ajang ini. Salah satunya Umar Khairadam yang bergabung dalam Total Prestone team. Dengan no start 287, Umar telah menyiapkan mobil andalannya yaitu Mitsubishi Lancer yang menggunakan mesin 4g93/cb5. Mobil ini masih menggunakan sistem penggerak 2wd, Umar memang sengaja belum merubah seperti kebanyakan Mitsubishi Lancer dengan 4wd dalam drag Race.

Mobil yang memiliki tenaga mencapai 280HP mampu mencatatkan waktu 15, 5 detik saat kualifikasi di hari Sabtu (7/5/2015). Hasil catatan waktu tersebut tentu masih belum sesuai dengan harapan Umar dan team karena waktu terbaik dengan mobil Mitsubishi Lancer bisa mencapai 14, 3 detik. Dengan catatan waktu yang dia peroleh, terpaksa Umar harus bertarung di kelas bracket 15 detik.

reserved before prestone umar GT Radial 5

Sayangnya, mobil Umar mengalami sedikit kendala pada hari Minggu. Beberapa baut pada bagian ‘wasgate’ banyak yang kendur. Padahal wasgate memiliki fungsi sebagai pengatur masuknya maximum boost ke dalam turbo. Umar yang sebelumnya belum memiliki tim mekanik tetap, untuk seri ini dan seterusnya tim mekanik dia serahkan pada Entis dan Ais yang tergabung dalam Reserved Before Autotuning. Dan masalah turbo tersebut langsung diketahui oleh mas Entis sebagai head mekanik setelah melakukan pemeriksaan secara keseluruhan di sektor mesin.

reserved before prestone umar GT Radial 2

Setelah di perbaiki, Umar yang turun di kelas 15 detik, malah mencatatkan waktu 14, 7 detik. Dan otomatis catatan waktu itu tidak dapat mengantarkan Umar melaju ke heat selanjutnya karena dalam kejurnas drag race seri ini menggunakan sistem ‘breakout’ atau sistem gugur.

reserved before prestone umar GT Radial 1

Memang Umar tidak puas dengan hasil waktu yang diraihnya tetapi dirinya terlihat tetap puas.”Saya akhirnya berhasil mendapatkan cara mengendarai mobil ini yang pas.”

reserved before prestone umar GT Radial 6

Ketidakpuasan Umar cukup terlihat dengan mengikuti kelas Counsulation atau kelas ‘penasaran’ untuk mengetahui catatan waktu. Hasilnya Umar berhasil meraih juara kedua dengan catatan waktu 14, 6 detik.
reserved before prestone umar GT Radial 8 reserved before prestone umar GT Radial 9 reserved before prestone umar GT Radial

Sedangkan rekan satu timnya yaitu Mirza Alfindra di Reserved Before team mencatatkan waktu 15, 3 detik dalam kualifikasi. Untuk heat 1, Mirza meraih waktu 15, 044 detik dan heat kedua 15, 199 detik sehingga mengantarkan dirinya merebut podium kedua.

reserved before prestone umar GT Radial 4 reserved before prestone umar GT Radial 3

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)