Home Did You Know? Wahyu Lamban berbicara tentang keamanan balap: Rollbar

Wahyu Lamban berbicara tentang keamanan balap: Rollbar

Dalam dunia balap, yang namanya terbalik, terjungkir dan tubrukan adalah hal yang biasa terjadi. Bahkan kemungkinan terburuk driver bisa sampai meninggal, nah untuk itu banyak persiapan yang harus dipersiapkan baik dari dalam dan dari luar mobil.

Nah tentunya keamanan merupakan hal yang paling utama dan harus diperhatikan dengan benar. Maka dari itu ada syarat yang harus diperhatikan khususnya tentang rollbar menurut Wahyu Lamban yang merupakan juara Nasional Off-Road dan aslinya dari Jogja.

Apa saja sih hal yang harus diperhatikan dari segi keamanan menurut Wahyu Lamban?

Dalam dunia balap, ada yang namanya safety golden rules dan kalau dilihat dari namanya bisa dibilang hal yang utama dan penting. Hal-hal yang termasuk dalam kriteria tersebut antara lain; rollbar, sasis dan body tube. Pintu pun jangan terbuat dari fiber dan atribut seperti helm, seat belt dan jok juga harus lengkap.

Yang akan menjadi topic pembicaraan kita kali ini yaitu mengenai rollbar, apa sih sebenernya fungsi dari alat ini?

Bengkel Idek wahyu lamban roll bar drag race safety keamanan balapan fuji xm1 x-m1 2

“Jadi rollbar punya fungsi untuk melindungi driver agar tidak terkena hantaman terlalu parah”. Jelas Wahyu Lamban.

Dan untuk memasang rollbar pada suatu mobil juga didasarkan dari bobotnya, jadi konstruksinya bergantung dari seberapa berat mobilnya. Dan tenang saja, dengan adanya rollbar ini, bobot mobil juga tidak bertambah terlalu berat kok kurang lebih 30 kilogram saja tambahannya.

Ternyata bahan dari rollbar sudah ada patokannya lho. Apa saja? Tingkatannya didasarkan dari yang biasa sampai yang paling bagus nih.

Ada dua yang sering diigunakan, yang pertama ada seamless Jerman dan chromoly yang punya kualitas lebih bagus. Kedua bahan itu punya ketentun yang berbeda, misal untuk ketebalan dan diameternya. Contoh nih, kalau menggunkan seamless ketebalannya atau thickness 3,6 inch untuk mobil berbobot lebih dari 1 ton. Terus untuk bobot mobil kurang dari 1 ton bisa menggunakan 2,9 inch ketebalannya. Sedangkan untuk diameternya sebesar 44,5 mm dan ukuran yang sama digunakan untuk chromoly. Bedanya, kalau chromoly hanya menggunakan 0,12 inch untuk bobot kurang dari 1 ton dan 0,083 inch untuk lebihnya.

Bengkel Idek wahyu lamban roll bar drag race safety keamanan balapan fuji xm1 x-m1 4

Perbedaan yang lebih terlihat ada pada harga, chromoly bisa mencapai 10x lipat dari harga seamless. Wow sekali ya harganya, tapi tentu kualitas tidak diragukan lagi dong.

Sebenarnya kenapa hanya dua jenis diatas yang dianjurkan? (padahal harganya cukup tinggi untuk beberapa kalangan). Menurut Mas Wahyu sendiri yang pernah mengalami kejadian yang buruk ketika off-road, yaitu jatuh di jurang kurang lebih enam meter. Seamless mampu meredam benturan dengan baik. Waktu itu mobilnya dipasangi rollbar berbahan seamless Jerman dan selamat walaupun memang penyok-penyok.

Bengkel Idek wahyu lamban roll bar drag race safety keamanan balapan fuji xm1 x-m1 5

Setelah mengetahui bahannya, desain dari pemasangan rollbar juga ada aturannya. Setidaknya harus ada di enam titik (itu minimalnya) di leader frame atau rangka utama. Penguhubung dari setiap titik bisa menggunakan baut atau plat connector. Bedanya, kalau baut minimal satu titik M12X4, sedangkan plat minimal 6 mm. Ada lagi nih bedanya, rollbar sistemnya di las untuk chromoly menggunakan TIG (Tungsten Inert Gas) welder sedangkan seamless memakai MIG (Metal Inert Gas) welder. Kedua metode pengelasan tersebut sama, hanya caranya yang berbeda.

Bengkel Idek wahyu lamban roll bar drag race safety keamanan balapan fuji xm1 x-m1 1

Sebenarnya, ketentuan dan anjuran memang sudah ditetapkan namun memang pada kenyataannya masih banyak yang belum menerapkan. Mas Wahyu juga menyarankan agar pemasangan tidak hanya pada 6 atau 8 titik, tapi juga side bar yang bisa memberi keamanan tambahan.

Di tahun 2015 ini dengan adanya teknologi baru yang masuk, yaitu UTV dan supporting mechanic juga yang digunakan oleh komunitas balap di Kalimantan Selatan bisa meningkatkan perkembangan dunia balap di Indonesia. Harapan ke depannya, semoga di tahun 2016 bisa ada pembaharuan dan peningkatan teknologi lagi dan bagi penyelenggara agar membuat desain track yang lebih proper untuk semua jenis mobil.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)