Home Issue Cars Wajib SNI, Harga Pelumas Impor Meroket

Wajib SNI, Harga Pelumas Impor Meroket

Dengan rencana mewajibkan pelumas wajib SNI memastikan harga pelumas akan meningkat. Terlebih bagi pelumas yang berasal dari luar negeri atau impor karena biaya sertifikasi akan bertambah. Padahal untuk saat ini hanya membutuhkan Nomor Pelumas Terdaftar (NPT) saja.

www.proctorcars.com
www.proctorcars.com

Peningkatan harga dipastikan terjadi karena sesuai peraturan dari SNI, “Setiap tahun harus mengirim pengawas ke pabrik sehingga jika berada di luar negeri maka harus mengirimkan untuk melakukan audit dan itu berlaku pada seluruh bahan dasar dari pelumas. Jadi kalau menggunakan bahan dari beberapa negara maka seluruh negara harus didatangi tiap tahunnya. Itu membutuhkan biaya, padahal nilai bisnisnya tidak seberapa,”ungkap Heri Djohan – SekJen Perhimpunan Distributor Importir dan Produsen Pelumas Indonesia (PERDIPPI).

Jadi dapat dipastikan, jika pengusaha tidak mau menanggung beban biaya untuk lulus dari uji SNI maka konsumen yang akan menanggungnya. Harga pun dipastikan akan melonjak sehingga bisa jadi daya beli menurun terhadap pelumas impor.

Namun yang harus dipertanyakan, apakah dengan wajib SNI akan membuat konsumen lebih terlindungi ketika mendapatkan produk yang tidak sesuai karena tujuan SNI pada dasarnya yaitu Dengan adanya standardisasi nasional maka akan ada acuan tunggal dalam mengukur mutu produk dan atau jasa di dalam perdagangan, yaitu Standar Nasional Indonesia, sehingga dapat meningkatkan perlindungan kepada konsumen,    pelaku    usaha,    tenaga    kerja,    dan    masyarakat    lainnya   baik untuk keselamatan, keamanan, kesehatan maupun pelestarian fungsi lingkungan hidup.

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT