Home Did You Know? 3 Alasan Harus Mengganti Kaca Film

3 Alasan Harus Mengganti Kaca Film

3.bp.blogspot.com

Kaca film pada mobil bukan sekedar untuk gaya-gayaan karena menggunakan produk dengan harga tinggi. Namun juga memiliki beragam fungsi utama yaitu menahan pecahan kaca ketika terjadi benturan atau kecelakaan, hingga melindungi dari paparan sinar ultra violet maupun Infra Red.

Pada dasarnya ada tiga alasan untuk melakukan penggantian kaca mobil versi Fastnlow.net. Bukan untuk sekedar membuat lebih gelap saja karena kaca film yang bagus memiliki unsur Infra Red (IR) Rejection dan Ultra Violet Rejection. IR Rejection bertugas sebagai menahan panas dari sinar Matahari, sementara UV Rejection berfungsi mengurangi sinar Ultra Violet yang dapat berdampak negatif pada kulit. Dan untuk mengetahui jenis-jenis kaca mobil, silahkan lihat pada link ini.

1. Usia Pemakaian

Walau banyak produsen memberikan jaminan akan usia pemakaian kaca mobil hingga lima tahun sehingga perhatikan atau minimal menanyakan ‘kapan terakhir mengganti kaca film’ bagi yang baru menebus mobil bekas. Namun khusus untuk mobil bekas, ada baiknya langsung melakukan penggantian kaca film agar anda semakin nyaman dalam berkendara.

Selain itu, mobil yang terlalu sering terkena sinar Matahari secara langsung juga dapat mengurangi usia pemakaian. Udara panas yang terjebak di dalam kabin dapat menimbulkan efek secara tidak langsung pada kaca film, terlebih jika terlalu lama. Paling tidak usahakan mobil tidak terjemur langsung ke Matahari.

2. Pandangan Terbatas

Maksudnya, beberapa kaca film dapat membiaskan cahaya dari sinar lampu kendaraan lainnya. Hal ini terkadang disebabkan oleh jamur yang sudah menumpuk atau goresan sehingga berakibat pandangan terbatas atau jadi kurang jelas. 

Atau kaca film bagian depan terlalu gelap, memang dengan 60%-80% akan nyaman digunakan pada siang hari. Namun ketika malam hari, pandangan jadi terbatas yang akhirnya berimbas pada mata mudah letih. Begitu pula jika presentasi kaca film depan terlalu rendah (20%) akan membuat mata mudah lelah saat berkendara di siang hari dalam kurun waktu tertentu.

3. Bentuk Fisik berubah

Perubahan bentuk fisik dari kaca mobil dapat terlihat jelas dengan penurunan warnanya, jika sebelumnya cukup gelap sehingga untuk melihat ke dalam kabin harus sangat dekat. Namun karena sudah mulai memudar, bagian kabin terlihat jelas dari luar. Selain itu, gelembung udara yang timbul menjadi tanda daya rekatnya sudah mulai hilang dan waktunya penggantian.

Tiga hal tersebut hanya bagian kecil untuk melakukan penggantian kaca film pada mobil kesayangan anda. Namun ‘feeling’ anda dalam berkendara merupakan kunci dalam penentuannya. Dan pastinya ‘harga tidak bohong boss…’

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)