Home Did You Know? history of volkswagen

history of volkswagen

Volkwagenwerk AG –“perusahaan mobil rakyat” – adalah visi pemimpin nazi Jerman, Adolf Hitler. Hitler tidak pernah belajar mengemudi, namun menurut New York Times pada 1936 ia diyakini “setiap tahun menyusuri bermil-mil dengan kendaraan bermotor lebih jauh dibandingkan penguasa atau kepala Negara manapun “. Pada tahun yang sama, ia membuka Pameran Motor Berlin dan mengumumkan bahwa Jerman “telah memecahkan secara efektif persoalan menghasilkan bahan bakar minyak sintetis, klaim ini belum diperkuat dengan bukti, namun ia meluncurkan jaringan autobahn dan jalan raya yang menghubungkan kota-kota di seluruh Negara, yang ia nyatakan menandai “titik balik sejarah lalu lintas otomobil Jerman.”

post-3823-0-68037600-1356469265

Hitler

Hitler dibikin iri hati oleh kenyataan bahwa satu di antara lima orang Amerika memiliki mobil sendiri di Jerman, perbandingannya dengan orang Jerman hanya satu di antara 50 orang. Ia lalu menugaskan Dr Ferdinand Porsche dan yang lainnya untuk mendesain Volkswagen atau “mobil rakyat”. Harga mobil ini harus di bawah 1000 Reichsmarks ($140 saat itu). Mempunyai low reviving, mesin berpendingin dengan gir tinggi, dan kecepatan tertingginya 60 mil per jam. Kendaraan ini dimaksudkan untuk jalan raya besar kendaraan bermotor yang akan dibentangkan oleh Fuhrer dan arsitek kepalanya, Albert Speer, dari Berlin ke Moskow. Menurut Dr. Porsche, Hitler juga mengatakan bahwa mobil itu harus “terlihat seperti kumbang”.

Ferdinand-Porsche-729x486-c1ff3781939dd435

Dr. Ferdinand Porsche

Dr. Porsche adalah salah satu daru sejumlah orang yang diajak berbicara oleh Hitler mengenai mobil rakyat , salah seorang yang menonjol diantara mereka adalah Hans Ledwinka, teknisi kepala pada salah satu pembuat mobil tertua yang masih bertahan di dunia , perusaah Ceko bernama Tatra. Hitler adalah pengagum sedan Tatra V-8 yang kuat, berpendingin udara, mesin di belakang, dan ia menyambut Ledwinka dengan hormat di Pameran Motor Berlin. Hitler mengundang Ledwinka dan putranya Erich untuk datang ke apartemen pribadinya, dan di sana mereka berbicara perihal Volkswagen. Dalam salah satu kesempatan, Ledwinka memberi Hitler sebuah gambar detail berdasarkan prototype mobil kecil, berpendingin udara, mesin di belakang yang telah ia rancang dan buat beberapa tahun sebelumnya. Hitler meneruskan gambar itu kepada Dr. Porsche. Saat pecahnya Perang dunia kedua, Ledwinka dipaksa oleh Jerman untuk mengubah pabrik Tatra di Cekoslovakia menjadi pabrik amunisis. Pada 1945, ia ditahan oleh Rusia dan dihukum penjara selama enam tahun karena berkolaborasi dengan Nazi. Ledwinka, Tatra dan mobil yang ia desain menghilang dibalik tirai besi.

Hans_Ledwinka

Hans Ledwinka

KESENANGAN UNTUK MASSA

Rencana semula, pabrik volkswagen dibangun di dekat Nuremberg sehingga pelanggan dapat mengambil mobil mereka setelah menghadiri rapat umum partai nazi. Alih-alih demikian, sebuah pabrik raksasa dan kota KdF Stadt atau kota kekuatan melalui kegembiraan dibangun di Luneberg Heath di Lower Saxony (Kraft durch freude – kekuatan melalui kegembiraan adalah organisasi nazi yang mengadakan acara bersenang-senang). Pabrik ini mengambil model pabrik Ford di Rouge River, Detroit dibiayai dengan dana yang disita dari serikat buruh Jerman dan dibangun oleh pekerja Italia yang dipinjam dari Mussolini. Hitler memuji Henry Ford dan Der Fordismus, dan sebagaimana kita lihat, perasaan itu bersifat timbal balik. Pada 1938 dalam rapat umum di Nuremberg, Hitler meletakkan batu pertama pabrik dan menyatakan, “mobil ini dibuat untuk massa luas. Tujuannya ialah menjawab kebutuhan transportasi mereka dan dimaksudkan untuk memberi mereka kegembiraan.” Fuhrer menambahkan bahwa kendaraan ini dikenal sebagai der KdF (Kraft durch Freude) Wagen “mobil kekuatan melalui kegembiraan”. Pada 1938 sebuah prototype mobil ini dipamerkan untuk pertama kalinya di pameran motor berlin.

4.0.1

 Prototype Beetle

Public Jerman bersikap lamban dalam menanggapi prakarsa Hitler, sehingga skema tabungan dikembangkan untuk merangsang minat mereka. Pelanggan prospektif dapat memesan mobil kekuatan melalui kegembiraan dengan membayar 5 Reichsmarks setiap pekan. Begitu mereka sudah membayar 990 Reichsmarks, mereka dapat mengambil mobilnya. Pembayaran penuh memakan waktu empat tahun, walaupun pembayaran ekstra dapat menjamin pengiriman lebih awal. Gema gagasan Henry Ford terdengar sampai disini, mereka boleh memilih warna apa pun yang mereka inginkan selama itu abu-abu, biru, lalai membayar dapat berakibat pembatalan perjanjian. Anak-anak dapat menabung 5 Reichsmarks sebulan, dan pada pertengahan 1939, sebanyak 336.668 orang telah membayar 110juta Reichsmarks ke rekening Bank Berlin.

Pada 1 september 1939, Jerman menyerbu Polandia. Kdf Stadt baru memproduksi sedikit mobil “Kekuatan melalui Kegembiraan” dan pabrik yang berada dibawah kendali Dr. Porsche serta putranya Ferry diubah untuk produksi masa perang. Hanya sedikit kendaraan yang diproduksi sebagai kendaraan staf untuk para pejabat partai nazi. Banyak pabrik yang diubah untuk mengolah batu bara, batu arang, gas dalam botol, antrasit atau bahkan tanah untuk bahan bakar. KdF Stadt yang doperasikan oleh buruh yang direkrut dari kamp konsentrasi dan kamp tawanan perang Rusia diubah untuk memproduksi badan pesawat terbang dan sayap bom V-1. Pada musim semi 1945, Hitler dilarikan oleh sopirnya Erich Kempka pada satu kunjungan terakhir ke Front timur dengan menggunakan mobil versi modifikasi KdF Wagen, Kommandeurwagen Tipe 87, kendaraan four wheel drive yang disesuaikan dengan pemutar di bagian depan. Enam minggu sesudah ia kembali Hitler dan eva Braun bunuh diri di ruang bawah tanah mereka di Berlin. Mayat mereka disiram dengan minyak, juga oleh sopirnya dan dibakar.

MOBIL PALING LARIS DALAM SEJARAH

Pada tahun 1953, sejumlah Volkswagen diimpor ke Amerika Serikat. Pada 1959, dalam satu kampanye periklanan yang paling sukses yang pernah dipasang, Doyle Dane Bernbach bermain melawan pretensi-pretensi General Motors dan menjual Volkswagen sebagai alternative yang dibuat dengan baik, dapat diandalkan, tak mengenal kelas dan terjangkau. Pada tahun 1960, mobil ke 500.000 telah tiba di Amerika Serikat dan beetle telah menangkap imajinasi anak-anak muda Amerika. Pada 19 januari 1978, Volkswagen nomor 16.255.500 yang terakhir dari lininya meninggalkan Wolfsburg. Enam tahun sebelumnya mobil ini telah mengambil posisi Ford Model T sebagai mobil dengan penjualan terbaik dalam sejarah. Produksi mobil ini terus berlanjut di Australia, Mexico, dan Nigeria.

Hans Ledwinka meninggal dunia pada 1967, gagal menyelamatkan restitusi bagi keberuntungannya dan patennya yang hilang. Porsche dan Volkswagen membuat perjanjian rahasia di luar pengadilan dengan keluarga Ringhoffer yang memiliki Tatra, untuk pelanggaran paten berkaitan dengan mobil rakyat. Sementara itu, di sebuah pojok museum Tatra yang berukuran kecil di Koprivie di Republik Ceko berdiri mobil prototype V570 mesin di belakang, berpendingin udara dan berbentuk kumbang seperti dalam gambar yang diserahkan oleh Ledwinka kepada Hitler. Dirancang dan dibangun oleh Ledwinka sekurang-kurangnya dua tahun sebelum prototype dibuat oleh Dr. Porsche inilah “mobil rakyat” yang orisinal. Sebagaimana untuk Volkswagen, perusaah yang terus memproduksi Golf (rabbit) dan Passat, dan mengambil alih audi dan Skoda yang terakhir ini berada di Republik Ceko sesudah runtuhnya dinding berlin selebihnya adalah sejarah.

1933TatraV570Prototypestd_33_tatra_v570_prototype
Prototype V570

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT