Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Salah Satu Edisi Spesial Jeep CJ5 Paling Jarang Ditemui

Sebagian besar dari anda pastinya familiar atau setidaknya pernah mendengar Jeep CJ5, tetapi belum tentu dengan salah satu edisi spesialnya yang lahir di tahun 70-an. Yaps, CJ5 Super Jeep juga menjadi salah satu model istimewa di Amerika. Mungkin kalian sedikit bingung, sebelum lebih jauh tidak ada salahnya saya membuka sedikit ingatan anda.

Jeep CJ5 kala itu masih bernaung dibawah perusahaan Kaiser, debut pertama kali CJ5 diumumkan tahun 1954 dan mengusung desain yang lebih halus termasuk kontur bodi yang lebih bulat ketimbang M-38A1 model 1952 pada era Perang Korea. CJ5 diakui lebih unggul dalam sejumlah sektor — dinilai lebih kuat, nyaman, serbaguna dan lebih baik dalam menaklukkan medan berat.

CJ5 sedikit lebih besar daripada CJ3B lantaran dilengkapi jarak sumbu roda dan panjang keseluruhan yang lebih besar. Mesin, gardan, transmisi, dan jok yang lebih nyaman membuat CJ5 dengan jarak sumbu roda 81 inci menjadi kendaraan ideal untuk memenuhi animo masyarakat dalam memiliki kendaraan medan berat.

Sejak debut pertamanya, CJ5 mengeluarkan beberapa edisi spesial termasuk Tuxedo Park “Luxury” tahun 1964-1967, Camper 1969, “462” edisi 1969, Renegade I edisi 1970, Renegade II edisi 1971, Golden Eagle edisi tahun 1972-1983, serta Super Jeep edisi tahun 1973 dan 1976. Berkat reputasi serta popularitasnya yang melegenda, CJ5 mungkin telah menempuh jarak lebih jauh dibandingkan dengan model Jeep mana pun.

Lantas apa yang membedakan CJ5 Super Jeep dari edisi lainnya, identitasnya terlihat pada bumper krom melengkung, velg besi dan cukup kental dengan nuansa putih seperti di meja dahsboard, sunvisor dan kursi berlapis kulit dengan paket decal.

Jika boleh dibilang, lahirnya CJ5 Super Jeep diawali dengan sedikit kesalahan kecil. Renegade CJ5 model standar dilengkapi dengan velg alloy, tetapi karena ada kendala dalam pengiriman, kekurangan sementara diambil dari suplier velg aftermarket. Jadi dengan ‘meminjam’ velg besi dari suplier dalam jumlah besar, tentu masalah distribusi akan teratasi sampai pengiriman velg orisinilnya tiba.

Ketika Jeep mulai menjadi bagian dari American Motors Corporation (AMC), kepala departemen mengumpulkan seluruh salesnya untuk mencari solusi bagaimana cara menjual Jeep dengan velg besi. Mengingat pada era 70-an Jeep banyak mengeluarkan edisi spesial, alih-alih untuk menarik perhatian konsumen berdarah muda lantas Jeep mengeluarkan edisi Super Jeep. Inilah mengapa diatas disebutkan bahwa Super Jeep lahir karena sebuah kesalahan kecil.

Atribut Super Jeep yang paling mencuri mata adalah paket decal yang menawarkan kombinasi skema 2-garis dan warna kursi. Pertama, skema garis merah dan biru berwarna dasar Jetset Blue Metallic atau Champagne White dengan kursi vinil kombinasi merah dan putih. Kedua, skema garis oranye dan putih berwarna dasar Butterscotch Gold, Daisy Yellow, Copper Tan Metallic atau Fairway Green Metallic dengan kombinasi kursi coklat dan putih.

Mesin Javelin V8 buatan AMC menjadi jantung utama Super Jeep dengan beban 1119kg dan transmisi 4-speed. Yaps, sejak lahirnya Super Jeep tahun 1973, seluruh Jeep model CJ dibekali dengan mesin V8 sebesar 304 atau 360 kubik inci.

Super Jeep 4×4 tidak hanya dapat diidentifikasi dari fitur visualnya tetapi juga dipertegas dalam plat vin pada firewall. Kode vin Jeep edisi spesial terdiri dari Special Sales Request dan Order Number yang dimulai dengan “D”, sesuatu yang belum pernah digunakan pada Jeep standar. Hal ini tentu saja tidak hanya membantu pembeli potensial untuk membuktikan keasliannya, tetapi juga digunakan saat pelanggan membeli suku cadang untuk mengkonfirmasi modelnya. Angka baris kedua pada vin untuk menyatakan warna bodi dan trim.

Tahun 1976, Amerika merayakan peringatan dua abadnya dan tiga tahun setelah dirilis, Jeep kembali memperkenalkan Super Jeep. Berdasarkan dokumen perencanaan Jeep tahun ‘75, Super Jeep memang direncanakan kembali ke pasaran tahun ‘76. Sedikit berbeda dari Super Jeep pertama tetapi yang jelas model ‘76 tidak diproduksi dalam jumlah besar, hanya 300 unit yang diproduksi dalam beberapa bulan. Maka tak heran jika Super Jeep dinegeri asalnya hanya ada dua unit yang diketahui masih bertahan hidup hingga hari ini.

Salah satunya diketahui terpajang rapi di Jeep Collection, tepatnya di markas Omix-ADA, Georgia dan satu lagi saat ini dijual di Amerika dengan harga 1 juta dolar Amerika. Namun lantaran Super Jeep berwarna langka ini dianggap terlalu mahal oleh penggemar Jeep, pemilik menurunkan harganya menjadi 45.500 dolar.

Perlu diketahui bahwa CJ5 menjadi model Jeep yang paling lama diproduksi yakni selama 30 tahun. Sementara itu, dibawah naungan Kaiser selama 16 tahun, pabrik manufaktur kendaraan Jeep didirikan di tiga puluh negara asing dan Jeep sendiri telah dipasarkan ke lebih dari 150 negara seantero dunia.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Peran Penting Campuran Udara Dan Bahan Bakar Pada Mesin

Did You Know?

Sejarah ARB: Produk In-house Aksesoris 4WD yang Mendunia – Part 2

Did You Know?

Sederet Kendaraan Militer Rusia Terkini

Did You Know?

5 Tanda Roda Kendaraan Anda Harus Di Balancing

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan