Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Did You Know?

Cara Mengetahui Kapan Kita Harus Ganti Oli Transmisi

Oli pelumas pada transmisi berperan penting akan kinerja dan masa pakai komponen. Dengan adanya oli pelumas pada transmisi maka itu berfungsi untuk mencegah terjadinya korosi, mengurangi keausan karena gesekan dan kerusakan komponen yang terlalu cepat. Dengan alasan tersebut, maka oli pelumas pada transmisi harus dalam keadaan tejaga, baik itu banyaknya dan kwalitasnya. Anda perlu mengetahui cara memeriksa cairan transmisi karena itu pentig untuk menghasilkan kinerja transmisi yang maksimal.

Kapan kita harus memeriksa oli pelumas pada transmisi ?

Memeriksa tingkat cairan oli transmisi harus menjadi tugas rutin dicek secara berkala sebelum terjadi kerusakan yang parah. Gejala – gejala kerusakan pasti akan terjadi jika hal ini kita abaikan. Selain pengecekan secara rutin, ini juga akan membantu anda untuk mengurangi resiko kerusakan yang berat. Seperti kebocoran, level oli yang sudah berkurang atau oli yang sudah berubah warna serta kwalitasnya yang berkurang.

Bagaimana Cara Memeriksa Cairan Transmisi Mobil Manual Dan Otomatis? Sebelum mengetahui cara memeriksa cairan transmisi, Anda harus mengetahui jenis transmisi yang dimiliki mobil Anda. Prosesnya sedikit berbeda tergantung pada apakah itu transmisi manual atau otomatis.

Cara Memeriksa Cairan Transmisi Dalam Mobil Manual

Anda harus memiliki tongkat ukur ( stick ) untuk mengukur tingkat cairan transmisi manual. Namun, sebagian besar mobil manual tidak dilengkapi dengan itu, sehingga Anda harus membelinya secara terpisah.

Langkah pertama adalah melepaskan sumbat pengisi yang berada di samping atau di bagian atas transmisi. Ada lubang di mana Anda bisa meletakkan dipstick atau jari Anda (jika disarankan dalam buku manual pemilik) untuk melihat apakah cairan di level yang benar.

Anda harus mengamati warna dan bau dari oli pelumas tersebut. Oli yang sudah berwarna gelap atau bau terbakar bukanlah kabar baik. Dipastikan juga tidak ada serbuk logam atau lumpur di dalamnya. Oli perlu diganti jika tidak dalam warna atau kondisi normal.

Cara Memeriksa Cairan Transmisi Otomatis

Ketika itu adalah mobil otomatis, ada kebingungan tentang apakah akan memeriksa cairan transmisi panas atau dingin. Nah, Anda harus melakukan pengecekan pada kedua kondisi tersebut.

Lakukan pengecekan ketika cairan dingin dan kemudian lakukan lagi setelah membiarkan mesin bekerja dengan roda gigi pada posisi ‘Neutral’ atau ‘Parkir’ dan rem parkir menyala. Levelnya oli bagus jika berada diantara ‘ADD’ dan ‘FULL’.

Namun, jika level oli berada di bawah ‘add’ dan di atas label ‘full’. Oli pelumas harus ditambahkan jika pembacaan ada dibawah level ‘tambah’. Ini karena tingkat cairan yang rendah membuat respons pergeseran lebih lambat. Demikian pula, jumlah cairan yang lebih tinggi pada level “FULL” akan membuat selip gigi dan suara yang mengganggu.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan memeriks level oli setelah mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi selama satu atau dua jam. Hal ini cenderung memberikan pembacaan yang salah dan levelnya akan tampak lebih tinggi dari standart.

Comments

Mitsubishi XPANDER AP4 Tampil Perkasa Di Hari Pertama Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021

Racers

Mitsubishi XPANDER AP4 Kembali Membuktikan Performanya Dengan Menjuarai Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021

Rally

KEMBALI PERCAYA DIRI DI PUTARAN KETIGA, GIBRAN BAWA PULANG 4 TROPHY

Karting

SERI 3 KEJURNAS GOKART ESHARK CHAMPIONSHIP

Karting

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect