Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Cars

Datsun Cross, Mini Compact Crossover

Di tahun 2017 sempat tersiar kabar jika Datsun akan meluncurkan sebuah crossover berbasis datsun GO. Hal tersebut didorong oleh munculnya mobil konsep di beberapa pameran. Tapi setelah tak ada kabar dari Nissan Datsun, berita tersebut pun redup dengan sendirinya.

Tapi hal mengejutkan terjadi di tahun 2018. Datsun pada awal tahun 2018, merilis sebuah mobil bernama Datsun Cross yang merupakan mobil berjenis crossover.

Masih menggunakan basis dari Datsun GO+, mobil yang kini bukanlah sebuah LCGC ini tampil lebih sangar. Tampilan fascia dari mobil ini sepintas seperti mobil yang cocok untuk di ajak ke daerah yang bukan lagi berkontur jalan aspal. Hal tersebut didukung dengan ground clearence mobil ini yang jauh lebih tinggi dari basisnya. Tak hanya itu saja, penempatan foglamp yang berada di bemper bagian atas pun membuat mobil ini bak sebuah mobil rally.

Yang paling menarik dari mobil ini adalah hadir dengan pilihan transmisi baru yaitu CVT meski dipadukan dengan mesin lama berkode HR12DE berkapasitas 1.200cc tiga silinder. Hal tersebutlah yang membuat kami tertarik untuk menjajal mobil ini.

Saat menjajal di putaran bawah, memang transmisi ini begitu nyaman untuk digunakan karena tak ada gentakan gentakan yang dihasilkan. Mobil yang dapat memuat 7-penumpang ini melesat cukup nyaman. Menekan pedal gas lebih dalam lagi, semburan tenaga terus tersalurkan ke penggerak roda depan yang membuat mobil ini semakin melesat.

Ada satu hal yang menarik dari performa mobil ini. Ada sebuah tombol pada tuas perseneling dimana tombol tersebut biasanya untuk mematikan overdrive. Ketika tombol tersebut di tekan, muncul sebuah tulisan di cluster meter. Tulisan tersebut adalah Sport. Wow, ada mode pengendaraan Sport pada crossover ini? Ketika menggunakan mode ini, memang tenaga sedikit terasa lebih liar. Ya meski liarnya tenaga tersebut sesuai dengan liarnya kapasitas mesin 1.2 liter sih.

Tak hanya itu saja sebenarnya yang menarik dari mobil ini. Ketika masuk kedalam interiornya, penempatan rem tangan tak lagi di dalam dashboard. Tapi kini sudah tersemat di sela sela kursi depan yang kini tak lagi menggunakan kursi sambung.

Tepat diatas tuas perseneling yang masih berada di lokasi yang sama, tersemat layar sentuh 2-DIN. Headunit touch screen tersebut dapat tersambung dengan smartphone anda melalui fitur bluetooth atau bisa juga dengan menggunakan kabel data. Tapi sayang suara yang dikeluarkan pada mobil ini masih bersumber pada dua speaker di pintu depan saja.

Tak hanya itu saja, Datsun juga menyematkan fitur lain pada Datsun Cross yang meliputi Electronic Stability Control. Serta untuk sistem penerangan di malam hari, mobil ini juga sudah disematkam fitur Auto Headlamp yang menghidupkan lampu berteknologi LED headlights dan LED tail-lights yang berkesan modern pada bagian depan dan belakang mobil.

Tak hanya itu saja, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan beragam fitur keamanan unggulan seperti vehicle dynamic control (VDC) yang mencakup fitur anti-lock brake system (ABS), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), traction control (TCS), dan brake-limited slip differential (B-LSD).

Comments

Bergabung dengan Team Baru, Gibran Semakin Menorehkan Prestasi

Karting

Kembalinya Kejurnas Gokart di New Normal

Karting

GR Yaris, Mobil Andalan Toyota Untuk Menangkan Ajang World Rally Championship Segera Hadir di Indonesia

Cars

HONDA RACING INDONESIA PERKENALKAN PEMBALAP MUDA BERBAKAT SEBAGAI FORMASI BARU UNTUK BALAPAN MUSIM 2021

Racers

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect