Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Cars

Jeep Gladiator 2020 VS Ford Ranger 2019

Pecinta truk/ double cabin kini dihadapkan dengan banyak pilihan brand sekaligus spesifikasi yang beragam, khususnya di pasar truk mid-size. Sebut saja diantara dua pilihan brand raksasa yang melegenda ini, Jeep Gladiator 2020 VS Ford Ranger 2019.

Setiap brand tentu memiliki karakter yang berbeda, pula dengan kelebihan dan kelemahan masing-masing. Adapun kedua brand ini punya riwayat warisan offroad yang patut diacungi jempol dari para pendahulunya, tetapi tampaknya baik Jeep dan Ford punya pasar tersendiri. Gladiator menawarkan kemampuan offroad yang luar biasa dan tangguh, ditambah style open-top khas pendahulunya memberikan nilai plus.

Sementara Ford Ranger secara keseluruhan memiliki poin lebih unggul dan pengendaraan yang lebih lembut serta handling yang lebih ramah untuk penggunaan harian. Menurut survei yang dilansir dari Car Connection menunjukkan Ranger 2019 mendapat poin 5,8 dari 10, dan Gladiator mencetak 5,2.

Jantung Ranger menggunakan 2,3-liter turbo-4 yang menghasilkan tenaga 270 hp. Mesin turbocharged mampu bersinergi dengan baik untuk transmisi otomatis 10-speed, begitu juga dengan konfigurasi penggerak rear-wheel drive, part-time 4WD dan 4WD. Akselerasi Ranger dirasa responsif serta dencingan suara turbo menjadi bagian yang khas dari Ranger, terutama pada base XL dan mid-level trim XLT.

Jeep masih mempertahankan prinsipnya dengan mesin bensin 3,6-liter V6 bertenaga 285 hp pada Gladiator. Untuk tubodiesel kabarnya akan menyusul di awal tahun depan. Pada dasarnya mesin V6 menghasilkan power pada kecepatan tertinggi, artinya perlu banyak putaran agar terasa secepat Ranger. Opsional transmisi matic 8-speed memang lebih praktis, tetapi tak sedikit juga yang lebih menyukai transmisi manual 6-speed. Patut diakui jika Jeep mendapatkan lebih banyak pujian karena menawarkan pilihan transmisi. Tetapi disisi lain, mungkin ada satu faktor yang sebenarnya membuat konsumen sedikit keberatan lantaran Gladiator hanya dibekali dengan transfercase sistem part-time 4WD.

Jika berbicara soal ekonomi bahan bakar, tentu Ranger tak diragukan lagi. EPA menilai Ranger 4WD pada 22 mpg sementara Gladiator 19 mpg di jalur kombinasi.

Kedua truk mid-size mengandalkan sasis ladder frame dan gardan solid (belakang), disitulah kesamaan di bagian kolong. Ranger menggunakan independent front suspension yang memberikan pengendaraan yang baik dan lebih tajam daripada Gladiator, meskipun leaf-spring belakang sedikit bergoyang tanpa muatan.

Kolong Gladiator relatif mirip dengan Jeep Wrangler, meskipun wheelbase yang lebih panjang dan suspensi belakang mengadopsi beberapa bagian dari truk pikap Ram 1500. Gladiator menggunakan coil-spring dan gardan solid depan-belakang yang dirasa lebih stabil meski tanpa muatan.

Harga Gladiator memang lebih mahal dibanding Ford Ranger, mungkin itu berkat sejumlah persenjataan yang disematkan seperti locking differentials, disconnecting sway bars, ban offroad 33-inch dan ultra-low crawling gear. Jika anda termasuk tim offroad kelas medium hingga ekstrim, maka Gladiator adalah pilihan yang pas. Tetapi jika anda tergolong dalam kelas light-medium offroad dan all-terrain, Ranger adalah jawabannya.

 

Kenyamanan, Fitur dan Safety

Secara keseluruhan interior Ford Ranger relatif lebih bagus daripada Gladiator, hanya saja secara visual Gladiator lebih eye catching. Desain interior Gladiator terlihat lebih modern dengan trim yang dicat senada dengan warna bodi, seakan memberi udara segar jika dibanding Ranger. Satu poin plus yang tidak dimiliki truk modern manapun adalah removable-top, Gladiator menawarkan opsi sunrider folding soft-top dan hardtop yang terdiri dari 3 panel.

Ranger memiliki ruang kaki yang lebih luas terutama bagi pengemudi dan penumpang kursi depan lantaran driveline tunnel tidak memakan banyak tempat. Kursi Ranger juga lebih tinggi dan menawarkan power seat adjusment, sesuatu yang tidak dimiliki Gladiator. Sedangkan untuk penumpang belakang, Gladiator memiliki ruang kaki 4 inci lebih besar.

Soal kargo atau bak, Ranger menyodorkan 6,5-kaki dan kabin kru seluas 5-kaki. Meskipun ukuran kabin kru yang sama juga berlaku pada Gladiator, tetapi Ranger mampu memuat barang sekitar 43-kaki kubik, sementara Gladiator hanya menyediakan 35,5-kaki kubik. Bedliners dan cover merupakan tambahan opsional berlaku pada kedua truk.

Dalam hal ini, Ranger boleh dibilang ‘menang banyak’. Trim base, RWD dengan kabin panjang dan bak yang luas berkisar dengan harga $25,400. Fitur standar seperti automatic emergency braking, radio AM/FM via Bluetooth, dan layar 4,2 inch untuk ukuran mobil baru bukanlah hal istimewa lagi. Sementara harga Gladiator trim paling dasar, Sport, mulai dari $ 34.500 dengan fitur ringan. Belum lagi anda perlu merogoh kocek lebih banyak untuk power window, power lock, remote keyless entry dan active safety technology, dan hardtop — hanya untuk menyaingi fitur Ranger trim base.

Keduanya sama-sama menggoda dengan deretan panjang opsi yang ditawarkan, tentu spek yang lebih komplit menawarkan harga lebih mahal. Trim teratas Ford Ranger dinilai sekitar $ 40.000 untuk mendapatkan keseimbangan antara utilitas dan fungsi. Gladiator mencapai $ 43.545 dan limited edition $ 60.815, namun kesombongan Jeep, kemampuan, dan open-top juga tak kalah menarik.

Comments

Mitsubishi XPANDER AP4 Tampil Perkasa Di Hari Pertama Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021

Racers

Mitsubishi XPANDER AP4 Kembali Membuktikan Performanya Dengan Menjuarai Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021

Rally

KEMBALI PERCAYA DIRI DI PUTARAN KETIGA, GIBRAN BAWA PULANG 4 TROPHY

Karting

SERI 3 KEJURNAS GOKART ESHARK CHAMPIONSHIP

Karting

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect