Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Cars

Masih Ingat Tren Itasha? Ini Dia Asal Usulnya

Masih Ingat Tren Itasha? Ini Dia Asal Usulnya

Hello, Itasha enthusiast mana suaranya! Duh, kira-kira masih ada nggak ya mobil Itasha di Tanah Air, lama tak terdengar gaungnya. Tak ayal, kini kita semakin jarang melihat mobil bergaya Itasha berseliweran di jalanan. Mobil Itasha identik dengan skema stiker atau cat bergambar tokoh fiktif Jepang dari anime, manga ataupun video game pada bodi mobilnya.

Disebut Otaku atau pecinta anime dan manga, merupakan salah satu fenomena unik di Jepang yang memiliki jutaan penggemar bahkan mendunia. Apalagi Jepang sendiri dikenal sebagai salah satu negara produsen otomotif terbesar yang pastinya memiliki sejumlah komunitas empat roda. Jadi tak heran jika orang Jepang akhirnya menyukai anime dan mobil. Secara kasat mata, kedua komunitas ini terlihat berseberangan, tetapi di bawah permukaan, mereka sebenarnya memiliki kesamaan. Lantas, dari mana istilah Itasha ini berasal, ketika kultur anime dan mobil melebur menjadi satu.

Masih Ingat Tren Itasha? Ini Dia Asal Usulnya

Sejarah dan istilah Itasha

Merunut sejarahnya, istilah ini berasal dari era 1980-an, ketika Jepang berada pada puncak kejayaan ekonomi, jalanan Tokyo banyak diwarnai dengan mobil impor yang mewah. Kala itu, pabrikan Italia menjadi mobil yang paling diidam-idamkan oleh kaum borjuis di Jepang. Istilah slang kemudian muncul dengan menggabungkan dua bahasa yakni Italia dan Jepang — “Ita” diambil dari kata Italia, dan “Sha” (bahasa Jepang) adalah mobil, yang berarti mobil Italia. Tetapi sebenarnya pada saat itu Itasha merupakan singkatan dari “Itaria-sha”, maklum orang Jepang kesulitan menyebutkan huruf “‘L”.

Seiring perkembangan waktu, Itasha mengalami pergeseran makna oleh kalangan muda di Jepang, yang akhirnya digunakan sebagai permainan kata-kata. Istilah Itasha berkaitan dengan mobil yang dihias, dimana merupakan kombinasi dari kata “Itai” yang artinya menyakitkan dan “Sha” berarti mobil. Secara harafiah dapat diartikan sebagai ‘tersakiti karena malu’ atau ‘menyakitkan dompet’ karena tingginya biaya yang diperlukan untuk menghiasi bodi mobil.

Masih Ingat Tren Itasha? Ini Dia Asal Usulnya

Tren ini makin hits pada akhir 80-an di Jepang, ketika pemilik menghiasi mobilnya dengan stiker atau cat bergambar tokoh fiktif anime, manga, atau video game — karakter yang dipilih biasanya perempuan bergaya imut atau seksi. Namun fenomena ini baru benar-benar melejit pada tahun 2000, masa dimana budaya Otaku makin dikenal melalui internet. Mobil bergaya Itasha mulai dilibatkan di Comiket 68 pada Agustus 2005 di Tokyo — ajang pameran dan penjualan karya anime, kostum cosplay, dll.

Istilah Itasha berkembang lagi menjadi Itansha dan Itachari — modifikasi dekorasi yang sama untuk sepeda motor yang disebut Itansha, sementara sepeda disebut Itachari.

Sekitar tahun 2008, sejumlah pemilik mobil Itasha melengkapinya dengan sistem navigasi atau GPS dengan suara karakter anime. Sebut saja salah satu produk GPS dari Maplus yang menawarkan Maplus Portable Navi 2 dengan suara Shuici Ikeda.

Masih Ingat Tren Itasha? Ini Dia Asal Usulnya

‘Demam’ Itasha

Selama dekade terakhir, popularitas mobil Itasha terus bertumbuh secara global, tidak hanya di Jepang namun juga AS, Brasil, Taiwan, Filipina, Malaysia, Inggris, termasuk Indonesia. Sejak sekitar 2011, mobil bergaya Itasha mulai menjamur di trek resmi yakni dunia motorsport. Mobil balap Itasha digunakan di acara klub regional hingga ajang balapan tingkat internasional, diantaranya Spa 24 Hours, Autobacs Super GT, dan TT-Zero. Tim balap terpopuler beraliran Itasha adalah Good Smile Racing, mereka juga berkompetisi dalam sejumlah ajang yang diselenggarakan oleh FIA.

Masih Ingat Tren Itasha? Ini Dia Asal Usulnya

Jadi jika anda sudah jarang menemuinya di kehidupan nyata, bahkan anda dapat memainkannya di beberapa game, salah satunya Forza Horizon 4 yang memungkinkan ada mengunduh skema decal bertemakan Itasha. Lumayan jadi obat rindu karena rindu itu berat 🙂

 

By: Lie

 

 

Comments

Bergabung dengan Team Baru, Gibran Semakin Menorehkan Prestasi

Karting

GR Yaris, Mobil Andalan Toyota Untuk Menangkan Ajang World Rally Championship Segera Hadir di Indonesia

Cars

Kembalinya Kejurnas Gokart di New Normal

Karting

Putaran Pertama ISSOM 2021 Hadirkan Rivalitas Dua Tim Pabrikan dan Sedikit Kejutan Lainnya.

Race event

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect