Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Did You Know?

Nggak Tanggung-Tanggung, Ini 11 Fakta Tentang Monster Jam Truck

Adapun Monster Jam adalah kompetisi balap, ajang ini sarat akan hiburan karena mampu mengundang atraksi mencengangkan dan terkadang memperlihatkan aksi lucu saat freestyle, ditambah truk yang bertemakan anjing, ikan, dan sebagainya. Tak heran jika ajang ini tak hanya digandrungi kaum pria tetapi juga kaum perempuan, remaja bahkan anak-anak. Salah satunya keponakan saya, ketika dia menonton tayangan ini di Youtube, yang lain jadi nggak laku.

Monster truk mengalami evolusi selama 40 tahun terakhir, mulai dari konstruksi, sistem suspensi, bodi, mesin dan hal teknis lainnya. Saya yakin anda pasti tercengang ketika melihat aksi monster jam truk bermanuver di dalam arena yang penuh sesak, mengingat dimensi kendaraan ini terbilang tak lazim, mulai dari adu kecepatan, melompat, backflip, donut, dan 2-wheel skill. Kok bisa ya? Wah, nggak kebayang serunya kalau nonton langsung. Apa saja sih spesifikasi yang menempel pada truk ini? Well, berikut faktanya.

  1. Truk gigantik.Monster truk hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, maka nggak aneh jika truk yang berlaga di Monster jam ini paling tidak memiliki tinggi dan lebar 12 kaki atau 3,6 meter. Soal bobot, biasanya lebih dari 9.000 hingga 12.500 pon atau sekitar 5,4 ton. Semakin ringan bobot bodi truk, semakin besar kekuatan dan berat yang dibenamkan ke dalam rangka sasis dan mesin tanpa mengorbankan kecepatan dan kemampuan manuver. Kombinasi tinggi, lebar, dan berat inilah yang membuat monster truk tampak begitu bongsor.
  2. High speed.Jangan salah, meski ukurannya besar, monster truk mampu mencapai kecepatan tinggi hingga 100 mph, tapi mereka tidak mungkin melakukannya di dalam arena yang sempit. Bahkan monster truk dapat menghasilkan tenaga antara 1.500-2.000 hp dan torsi sekitar 1.320 lb-ft dalam waktu singkat, yang memungkinkan mereka untuk bergerak cepat dan menimbulkan kebisingan saat mencapai proses tersebut.

  1. Tipikal mesin monster truk berada di belakang pengemudi dan rata-rata menggunakan mesin supercharged dengan BBM alkohol methanol, dan ekstrak jagung. Mesin ini membakar lebih dari 2,5 galon per putaran atau sekitar 70 meter. Sementara menurut regulasi, ukuran mesin dibatasi hingga 575 kubik inci. Tim monster truk biasanya menghabiskan lima mesin dalam satu tahun dan biaya per mesin sekitar 40.000 dolar.
  2. Sebagian besar menggunakan transmisi matic yang dirancang khusus seperti TH 400, Powerglide, Ford C6, dan Torque-flite 72. Sesuai kebutuhannya, transmisi tersebut banyak dimodifikasi dengan manual valve body, transbrake, dan set gir heavy-duty. Namun ada juga beberapa monster truk menggunakan transmisi Lenco dengan kopling sentrifugal sebagai lawan torsi konverter yang dipakai dalam transmisi otomatis. Jika merunut jejaknya, transmisi Lenco berakar dari drag racing, biasanya dalam konfigurasi dua atau tiga percepatan.

  1. Pada umumnya monster truk memakai basis gardan solid yang dikustom agar bisa berselaras dengan torsi, tenaga, dan dampak yang ditimbulkan dari penggunaan. Awalnya monster truk mengandalkan gardan baja kemiliteran tapi karena jauh lebih berat dan sering patah, akhirnya ditinggalkan. Selain itu dibekali locker depan-belakang untuk menjaga differential tetap aktif dan menghasilkan tenaga yang sama pada keempat roda.
  1. Dalam hal ini sistem suspensi harus dirancang serius, seperti menggunakan sokbreker nitrogen dengan travel 28 inci dan adjustable sesuai kondisi dan karakter trek. Sokbreker nitrogen dinilai memberikan peningkatan yang signifikan dan memungkinkan truk melompat lebih tinggi dan lebih jauh. Suspensi kit termasuk shock coil-over dan coil-spring, bahkan beberapa truk menggunakan dua sokbreker untuk satu ban.

Berkat formula sistem suspensi yang ciamik, monster truk dapat melayang di atas deretan mobil sejauh 38 meter, itulah sebabnya truk mampu melompati 14 mobil sekaligus. Selain itu truk dapat mencapai ketinggian hingga 10 meter. Gilak!

 

  1. Monster truk sangat identik dengan ban donat dan biasanya menggunakan ban berjenis “terra” yang juga dipakai untuk kendaraan pertanian. Ban truk memiliki ukuran berdiameter 66 inci dan lebar 43 inci yang disandingkan dengan pelek berdiameter 25 inci (168×109-63 cm), sementara tekanan ban 8-10 lbs. Setiap tim rata-rata menghabiskan delapan ban dalam satu tahun. Sejak 2014 Monster Jam disponsori oleh perusahaan ban BKT (Balkrishna Industries Limited) yang berbasis di India.

  1. Tubuh truk terbuat dari fiberglass yang menempel secara terpisah pada sasis dan dirancang agar mudah dilepas serta diganti saat rusak. Sejak bodi pabrikan tidak digunakan lagi, memungkinkan tim untuk mengembangkan berbagai konsep bertema seperti halnya monster, binatang, dsb. Bodi kemudian dicat untuk menutupi permukaan fiberglass yang kasar dengan logo air-brush dan karya seni. Ini justru menambah daya tarik para idolanya.
  2. Fitur safety.Faktor keselamatan tak luput dari perhatian, beberapa jenis monster truk hanya dapat dipakai dalam arena indoor saja. Namun pada dasarnya truk dilengkapi dengan 3 saklar shut-off yakni remote ignition interrupt (RII) yang dikontrol oleh tim untuk menghentikan truk dari jarak jauh, saklar shut-off yang dapat dijangkau pembalap didalam kabin, dan sisanya berada dibelakang truk untuk mematikan semua daya listrik jika truk terguling.

  1. Seperti halnya buggy rock crawler, jok pengemudi monster truk terletak di tengah kabin untuk kebutuhan visibilitas. Selain itu, kabin dilindungi dengan Lexan atau polikarbonat, ini tak hanya melindungi pengemudi dari puing lintasan tapi juga meningkatkan visibilitas. Pengemudi diwajibkan mengenakan firesuit, sabuk pengaman, helm, dan pengikat kepala serta leher. Ini untuk melindungi pengemudi dari benturan keras dan tekanan mesin yang tinggi dimana berpotensi terjadi ledakan.
  2. High-cost.Ketika anda mengetahui harganya, mungkin anda akan membandingkan monster truk dengan kendaraan mewah tapi monster truk jauh lebih mahal dari kebanyakan kendaraan di luar sana. Harga rata-rata sebuah truk sekitar 150.000-250.000 dolar, bahkan bisa lebih mahal dari itu tergantung spesifikasi yang digunakan. Belum lagi, biaya operasional yang dikeluarkan untuk tim, stok spare part, dan sebagainya demi menghadiri satu event. Dalam beberapa kasus bahkan memakan biaya lebih dari satu juta dolar.
Comments

Bergabung dengan Team Baru, Gibran Semakin Menorehkan Prestasi

Karting

GR Yaris, Mobil Andalan Toyota Untuk Menangkan Ajang World Rally Championship Segera Hadir di Indonesia

Cars

Kembalinya Kejurnas Gokart di New Normal

Karting

Putaran Pertama ISSOM 2021 Hadirkan Rivalitas Dua Tim Pabrikan dan Sedikit Kejutan Lainnya.

Race event

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect