Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Headline

Aksi Prototipe F-150 Elektrik Tarik 10 Gerbong Kereta Double-decker

Jika kita sedikit flashback, tahun 2017 Ford pertama kali mengumumkan akan menghadirkan truk pikap F-150 versi elektrik. Tahun 2018, Ford mulai bernegosiasi dengan Volkswagen, kemudian sekitar Mei lalu menyusul kontrak kerja dengan Rivian — keduanya bekerja sama dalam menciptakan mobil listrik maupun otonomos.

Pada Selasa lalu, Ford merilis video yang menunjukkan uji coba prototipe F-150 elektrik tengah menarik 10 gerbong kereta. Ini fakta bahwa ‘action speak louder than words’, yaps Ford berhasil membuktikan kemajuannya dalam waktu dua tahun bahkan Ford berencana akan merilis versi hybrid pada tahun 2020. Nah, apakah hadirnya prototipe F-150 elektrik ini merupakan wujud dari kerjasama antara Rivian atau Volkswagen? Hmm, masih menjadi misteri.

Dalam video tersebut, prototipe F-150 elektrik terlihat menarik 10 gerbong kereta double-decker sepanjang lebih dari 300 meter. Towing pertama dilakukan dengan kondisi gerbong kosong, dan kedua kalinya gerbong diisi dengan muatan sebanyak 42 unit truk. Pada aksi terakhir ini F-150 menarik beban sebesar 1,25 juta pon atau sekitar 566 ton, menurut Linda Zhang selaku chief engineer proyek truk listrik. Rombongan pria berompi yang juga pemilik truk pun takjub dan berteriak “no way!!” seakan tak percaya dengan kemampuan F-150 bertenaga baterai ini. Mungkin mereka juga bertanya-tanya jenis strap apa yang digunakan.

Salah satu keunggulan utama motor listrik dibanding mesin internal-combustion adalah kemampuannya dalam menghasilkan torsi secara instan dengan cara yang halus, seperti halnya pada F-150 elektrik.

Aksi memukau ini bertujuan untuk menghilangkan kekhawatiran masyarakat terutama calon konsumen bahwa listrik sangat mungkin menjadi “Built Ford Tough”. Ford pun mengatakan akan menghabiskan 11,5 miliar dolar untuk memproduksi lebih dari selusin model listrik maupun hybrid yang ditargetkan pada tahun 2022.

Ford menggambarkan aksi towing tersebut sebagai demonstrasi singkat dan mengklaim bahwa F-150 elektrik jauh melebihi kapasitas yang ditawarkan truk manapun. Tahun 2018, Tesla memegang rekor dunia menarik beban terberat dalam kelas mobil penumpang yakni Model X menarik Boeing 787-9 Dreamliner seberat 287.000 pon atau sekitar 130 ton di Bandara Melbourne, Australia.

Belakangan ini Ford mengumumkan kerjasamanya dengan Volkswagen untuk mobil listrik dan otonomos. Dikatakan VW berinvestasi sebesar 2,6 miliar dolar dan Ford akan mendapatkan akses ke platform MEB mobil listrik di perusahaan Jerman tersebut yang menurut Ford akan digunakan untuk merancang dan membangun setidaknya satu kendaraan listrik high-volume yang nantinya akan dijual di negara Eropa mulai tahun 2023. Ford akan memproduksi lebih dari 600.000 kendaraan Eropa menggunakan platform MEB selama enam tahun, berikut model Ford All-new khusus konsumen Eropa.

Disisi lain, Ford mengatakan akan berinvestasi sebesar 500 juta dolar untuk startup EV dengan teknologi Rivian. Projek kendaraan baru tersebut tidak akan mempengaruhi F-150 elektrik dan crossover yang diadopsi dari Mustang.

Comments

Bergabung dengan Team Baru, Gibran Semakin Menorehkan Prestasi

Karting

Kembalinya Kejurnas Gokart di New Normal

Karting

GR Yaris, Mobil Andalan Toyota Untuk Menangkan Ajang World Rally Championship Segera Hadir di Indonesia

Cars

HONDA RACING INDONESIA PERKENALKAN PEMBALAP MUDA BERBAKAT SEBAGAI FORMASI BARU UNTUK BALAPAN MUSIM 2021

Racers

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect