Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Race Car

BACK TO THE ROOTS, LUCKY REZA BANGUN MOBIL IDAMANNYA

Ketika berkunjung ke Jakarta beberapa waktu lalu, FNL bertemu dengan teman lama kami yang namanya mungkin tak asing bagi kalian.  Lucky Reza, tokoh lama di dunia drifting Indonesia yang hingga kini masih aktif menjadi drifter, judge drifting, hingga pemilik dari Stancelab dan brand coilover bernama ISC & ISX Coilover. Saat itu Lucky sedang membangun ulang mobil yang sudah cukup identik dengan dirinya, ternyata dibalik niatnya ini ada sebuah cerita dan alasan yang menarik untuk didalami.

Mobil apakah yang tengah dikerjakan oleh Lucky?, kalo ia bilang mobil terserbut adalah varian dari Nissan S13 yaitu RPS13 (200SX/180SX) yang memiliki bodi fastback dan pop-up headlight. Mobil berkelir kuning dan bertuliskan Stancelab ini kalau diusut adalah mobil balap yang Lucky pakai untuk kompetisi drifting. Namu, untuk update terbarunya ini ia “back to roots” lagi dengan menggunakan mesin SR dan melepas mesin V8 yang sebelumnya menempel.

Lucky mengatakan kalau mobil nya tersebut memang lebih cocok menggunakan mesin SR. “Yang bilang begitu gak Cuma Amandio doang, beberapa teman di Malay, Taniguchi juga bilang tetap enakan pake SR buat S13” kata Lucky Reza ketika ditanya kenapa kembali ke mesin SR. Sedangkan jika menggunakan mesin seperti JZ menurutnya casis nya tersebut kurang cocok dikarenakan mesin SR sudah menyediakan balance dari segi bobot dan weight distributionnya. Secara tenaga pun mesin SR menyediakan power yang lebih dari cukup untuk kebutuhan harian, Lucky pun memang tidak mengincar power hingga 600-700hp. Saat itu sekitar 400hp on engine baginya sudah cukup sebagai mobil harian.

Dibalik pembangunan mobil ini ternyata Lucky mengatakan bahwa ia rindu masa-masa awal ketika setelah melakukan drifting entah kompetisi atau bukan ia pulang ke garasi bukan ke bengkel. Lucky sendiri sangat aktif di dunia drifting pada 2010-2017, dan bagi nya ada momen dimana hati merasa kurang enak, gatal, hingga merasakan drifting itu capek seperti sebuah pekerjaan. Nah, dari sanalah kini Lucky mengincar mobil yang bisa ia nikmati sepenuhnya, bisa dipakai drift hingga level kompetisi tapi masih enak dipakai harian karena masih ada AC.

Lucky lalu menyinggung mobil balap lain miliknya yang memiliki bentuk Cefiro abu-abu bermesin 1JZ yang sudah dijual. Baginya mobil satu ini memiliki spesifikasi balap/drift tapi tetap enak dipakai dijalanan karena masih ada AC-nya.

Inti cerita, Lucky ingin memiliki mobil harian berlabel “balap/drift” seperti tahun 2010 silam. Mobil ini sudah cukup siap jika harus kembali ke ranah kompetitif, tenaga atas bawah ada, LSD KAAZ dan Drfitworks kit juga sudah terpasang. Secara style juga menurut Lucky mobil ini sudah sesuai seleranya, jadi ketika berada di track mobil miliknya ini tetap keren dan enak dipandang.

Perihal badan mobil, Lucky mempercayakannya kepada Om Amin dari Aototechnic. Sedangkan mesin dikerjakan oleh Jureq yang katanya bekerjasama dengan pihak AHT Garage. Untuk bagian internal mesin jelas sudah mendapat beberapa ubahan, seperti camgear HKS dan beberapa part Tomei juga telah terpasang. Lucky menggunakan turbo GT2860 yang lebih besar sedikit saja dari bawaan standar, ia tidak menggunakan turbo yang terlalu besar karena ia murni mengejar respon. Jadi tenaga dan torsi di RPM bawah sudah dapat cukup besar, tenaga atasnya pun lebih didapat dari mekanikal mesin karena tidak menggunakan boost yang terlalu besar. Kalau Lucky bilang sih mobil ini mobil anti tendang kopling.

Pindah ke bagian kaki-kaki mobil ini menggunakan full adjustable kit dari Driftworks yang telah ditemani oleh ISX Coilovers yang memakai aircup. Aircup menjadi pilihan dibanding airsus karena menurut Lucky penggunan aircup membuat handling mobil ini lebih stabil, untuk time attack pun juga bisa, dan yang terpenting untuk menghindari polisi tidur dan lubang di jalan tentunya.

Kalau ada event drift mobil ini siap turun karena pada dasarnya memang mobil drift. Kalau Lucky bilang mobil miliknya ini terinspirasi dari scene grassroot drift di Jepang yang kental dengan mobil keren nan ceper yang tetap memiliki kemampuan drift yang mumpuni. Mobil Lucky pun sudah ada crashpad-nya kalo tiba-tiba kena sedikit colekan manis. Begitulah cerita mobil Lucky Reza yang berotot tapi tetap rapi layaknya orang menggunakan suit lengkap dengan dasi. Si kuning ini sudah siap berlari kalau mau diajak beraksi oleh Lucky.

 

Interview by Adityo Rahadi

Teks by Tio Budiprasetya

Extra Photos

Comments

Bergabung dengan Team Baru, Gibran Semakin Menorehkan Prestasi

Karting

GR Yaris, Mobil Andalan Toyota Untuk Menangkan Ajang World Rally Championship Segera Hadir di Indonesia

Cars

Kembalinya Kejurnas Gokart di New Normal

Karting

Putaran Pertama ISSOM 2021 Hadirkan Rivalitas Dua Tim Pabrikan dan Sedikit Kejutan Lainnya.

Race event

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect