Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Headline

BJ40 Menjadi Incaran Banyak Orang

Toyota Land Cruiser Seri 40 memiliki banyak varian, baik berbahan bakar bensin maupun diesel. Untuk varian satu ini bisa dikatakan gampang-gampang susah dicari, apalagi yang kondisinya masih istimewa. Pasalnya tak banyak yang memiliki BJ40 dengan kondisi cat original.

Bahkan saking pengennya, sang pemilik sempat bergonta ganti BJ40 demi mendapatkan kondisi yang mendekati original. Dan baru kali ini pemilik asal Bukit Tinggi menemukan yang istimewa, BJ40 keluaran 1985. “Saya memang tergila-gila dengan varian satu ini, sudah jadi incaran saya sejak lama”, ujar Refli Yuner.

Tak ditampik memang tak ada satupun kelingan bodi yang berubah. Pantas aja buruan satu ini dikejar sampai titik darah penghabisan. Proses demi memperoleh mobil berwarna navy blue ini tak mudah. Lantaran sang pemilik sebelumnya merupakan seorang pengusaha kaya, kalian tahulah guys orang kaya nggak mungkin menjual salah satu koleksinya.

Refli Yuner menghabiskan waktu satu tahun demi mobil incaran. Mulai dari pendekatan langsung ataupun melalui kerabat sang pemilik. “Mungkin si pemilik udah bosen lihat muka saya, akhirnya dikasih juga”, imbuh Refli sambil tertawa. Ditanya soal harga Refli tampak enggan mengatakan, “Hmm, yang jelas harga belinya diatas harga VX80 tahun ‘97”.

Lalu seistimewa apa bodi BJ40 ini ya bro? Lumrah jika kita punya barang original, kita pasti merawatnya dengan sangat ekstra. Cat original ditandai dengan terlihatnya warna dasar pada beberapa bagian sudut bodi. Bahkan Refli sengaja nggak memakai polish sembarangan mengingat cat bodi mulai tipis.

Jelas urusan bodi masih dipertahankan, perubahan hanya terletak pada suspensi dan tapak mobil untuk alasan kenyamanan. Shockbreaker diganti dengan Old Man Emu, sementara per masih mempertahankan aslinya. Ditambah rem tromol diganti disc break supaya lebih nyaman digunakan harian. Untuk tapak mobil dipercayakan pada ban BF Goodrich 33×12.50 R15 LT dengan velg ala VX80. Velg besi aslinya masih ada, hanya saja sang pemilik mempertimbangan faktor praktis.

Grill dan bumper depan krom ini merupakan bawaan dari pemilik sebelumnya. Dua komponen tersebut biasanya digunakan pada BJ44 atau BJ41. Untuk menambah kesan garang sengaja disematkan Warn 8274 pada bumper depan.

Soal mesin masih mempertahankan aslinya, mesin diesel 2.977 cc 4 silinder sesuai bawaan pabrik. Bahkan baut-baut diruang mesin pun belum pernah dibuka sama sekali. Sebagai bonusnya, Refli beruntung karena peralatan kunci ban original dan manual book masih ada.

Uniknya, sang pemilik mengaku saat mobil ini dipakai dan ada indikasi hujan, Ia bergegas pulang ke rumah demi ‘menyelamatkan’ si BJ40. “Yang satu ini tidak boleh keluar sembarangan dan kena lumpur karena punya perawatan khusus”, cetus Refli. Ada-ada aja ya guys. Apakah dari kalian ada yang begini juga?

Refli juga pernah merasakan pengalaman lucu, Ia sempat dibuntuti oleh orang asing sampai ke tempat tujuan. Setelah Refli turun dari mobil, orang tersebut menghampiri. Ternyata orang asing tersebut sangat penasaran dengan sosok BJ40 ini, bahkan sempat menawar harga dan meminta alamat.

Comments

Bergabung dengan Team Baru, Gibran Semakin Menorehkan Prestasi

Karting

Kembalinya Kejurnas Gokart di New Normal

Karting

GR Yaris, Mobil Andalan Toyota Untuk Menangkan Ajang World Rally Championship Segera Hadir di Indonesia

Cars

HONDA RACING INDONESIA PERKENALKAN PEMBALAP MUDA BERBAKAT SEBAGAI FORMASI BARU UNTUK BALAPAN MUSIM 2021

Racers

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect