Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Community

Esports, Jawaban Rindu Balap Di Tengah Pandemi COVID-19

Dunia esports saat ini memang tengah sangat diminati oleh berbagai kalangan. Terutama yang dulunya sempat memainkan game konsol. Ya, bisa dibilang besarnya esports ngga bisa lepas dari besarnya kejayaan game konsol kala itu.

Dahulu game konsol yang hanya bisa dimainkan oleh 1 atau 2 orang saja, kini karena seiring dengan berkembangnya zaman bisa dimainkan oleh banyak orang. Hal tersebutlah yang mendorong esports semakin besar hingga saat ini. Terlebih kini banyak kompetisi kompetisi dengan skala yang bisa dibilang sangat besar. Salah satunya adalah kompetisi GT Academy yang sempat diselenggarakan oleh Nissan dengan nama Nissan GT Academy.

Nissan GT Academy merupakan satu dari sekian banyak game balap mobil yang didukung oleh FIA. Sebenarnya FIA sudah memberikan dukungan terhadap dunia esports sejak lama tepatnya tahun 2017 dengan menggandeng Polyphony Digital. Di tahun tersebutlah FIA bersama dengan Polyphony Digital telah menyelenggarakan kompetisi esports international yang menggunakan basis game Gran Turismo Sport.

Nah untuk Nissan GT Academy ini sebenarnya sudah diselenggarakan oleh Polyphony Digital bekerja sama dengan Nissan Europe sejak tahun 2008 silam. Ajang ini ditujukan untuk memberikan pendidikan untuk pembalap melalui media video game. Nissan GT Academy berhasil menunjukkan bahwa video game bisa melatih seseorang bisa menjadi pembalap sungguhan hal tersebut berkat realisme yang tinggi dari Gran Turismo.

Nissan GT Academy berjalan hingga 10 tahun dan di tahun 2015 anak muda berbakat dari Indonesia berhasil menjadi peringkat kedua. Dia adalah Andhika Rama Maulana. Seperti yang dilansir oleh blackxperience.com Prestasi pemilik akun instagram @ramstig tersebut tidak hanya disitu saja beragam prestasi ditorehkannya seperti Juara 1 Gran Turismo 5 Asia Online Tournament di Sepang, Malaysia (2012), Juara 3 Gran Turismo 5 Asian Championship di Nissan HQ, Yokohama, Japan (2012), Juara 1 Gran Turismo 6 Z4 Challenge Asian Championship di Fuji Speedway, Jepang (2014), dan Top 6 Nissan GT Academy Asia perwakilan indonesia 2015, Silverstone, Inggris. Ia pun sempat mengikuti balap mobil sungguhan di sentul dengan mengikuti kelas ETCC 2000, ETCC 3000 dan HJSC.

Nah ditengah pandemi COVID-19 ini dimana masyarakat diminta untuk tetap berada dirumah, Rama bersama dengan Rizal Sungkar menggelar sebuah event balap yang memanfaatkan sebuah video game. Event balap tersebut adalah Rally Dirumah Ramadhan Rally Championship. Event ini bisa dibilang sangat mendadak dimana hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat untuk menggelarnya. Tapi tidak disangka, sambutan dari masyarakat pun sangat besar. Terbukti saat ini sudah lebih dari 100 starter yang mengikuti. Tidak hanya masyarakat umum saja, pembalap pembalap dari berbagai genre di Indonesia pun mengikuti event ini seperti Demas Agil hingga Amandio. Bahkan kakak beradik Rifat dan Rizal Sungkar pun mengikuti event ini.

Video Game yang digunakan pada Rally Dirumah ini adalah game rally Dirt 2. Game ini dipilih lantaran memiliki realisme yang sangat mendekati aslinya hanya yang membuat game ini lebih unggul, mobil yang tersedia sangat beragam dan mengikuti perkembangan mobil rally yang digunakan saat ini.

Game ini tidak bisa dipandang sebelah mata pasalnya antara balap rally sungguhan dengan virtual seperti ini memiliki perbedaan. Menurut Rizal Sungkar perbedaan tersebut terletak pada G-Force saat balapan. Banyak pembalap yang begitu merasakan g-force sehingga bisa mengontrol mobil dengan baik untuk mendapatkan waktu terbaik. Tapi game Dirt 2 ini sudah memiliki gameplay yang mencapai 80% dengan balap asli jika kalian menggunakan Rig.

Nah Rally Dirumah ini digelar selama bulan Ramadhan. Satu seri balap tersebut digelar sebanyak 7 hari. Setiap hari menggunakan mobil mobil berbeda mulai dari RWD, FWD, hingga 4WD. Track yang digunakan pun berbeda beda setiap serinya. Nantinya di akhir event ini akan diambil king RWD, King FWD, king 4WD hingga King of The King. Para pembalap tidak bisa memilih penggerak mobil setiap serinya. Para peserta harus mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh penyelenggara.

Jadi tunggu apalagi, jika kalian ingin balapan bareng pembalap terkenal Indonesia, buruan gabung di event Rally Dirumah ini. Oh ya, ngga perlu punya rig, pake joystick pun kalian tetap bisa gabung event ini. Nah untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam lagi tentang event ini, kalian bisa langsung follow Instagram @relidirumah jadi tunggu apa lagi!

Comments

Bergabung dengan Team Baru, Gibran Semakin Menorehkan Prestasi

Karting

Kembalinya Kejurnas Gokart di New Normal

Karting

GR Yaris, Mobil Andalan Toyota Untuk Menangkan Ajang World Rally Championship Segera Hadir di Indonesia

Cars

HONDA RACING INDONESIA PERKENALKAN PEMBALAP MUDA BERBAKAT SEBAGAI FORMASI BARU UNTUK BALAPAN MUSIM 2021

Racers

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect