Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Community

Fixed!! 1.116 Unit Rayakan Kenduren di Lereng Merapi

Hari itu sebuah pemandangan yang tak biasanya terlihat di Lapangan Boyong, Pakem dengan dipenuhi ribuan kendaraan berjejer rapi mengisi setiap sudut ruang dalam rangka meramaikan acara Kenduri Raya Sewu Jeep Merayap Merapi. Yaps, sesuai tema besar acara ini tak lain untuk merayakan anniversary Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) ke-4 yang dilaksanakan pada 14 Oktober 2019 lalu. Seperti yang kita ketahui, istilah kenduri dalam bahasa jawa berarti ‘selametan’ atau syukuran untuk memperingati peristiwa tertentu.

Selain dihadiri oleh anggota AJWLM dari berbagai komunitas jip pelaku wisata disekitar lereng Merapi, kenduren kali ini turut dihadiri oleh jajaran pemerintahan seperti staf ahli Gubernur, Bupati Sleman, Dispar DIY dan Sleman, Muspida yang terkait dan tak ketinggalan IOF Pengda DIY serta IMI DIY.

Ketua AJWLM, Dardiri, mengaku terkejut bahwa awalnya hanya ditargetkan seribu jip wisata tetapi tanpa disangka peserta tembus hingga 1.116 unit. “Kegiatan ini luar biasa demi menyatukan anggota AJWLM sendiri dan tentunya bisa dikenal masyarakat luas bahwa ternyata jip wisata di Lereng Merapi memang ada 1000 jip seperti yang kita saksikan bersama, tidak hanya omongan saja. Maka dari itu peringatan ultah AJWLM yang ke-4 ini semoga bisa menjadi ikon yang akan datang untuk agenda tahunan.”

Di momen yang spesial ini, pula AJWLM memberi kesempatan kepada pengunjung yang ingin menikmati sensasi lava tour secara gratis dan melihat langsung prosesi Kenduri.

Usai seremonial, rombongan jip bergegas menuju Bunker Kaliadem yang menjadi tempat pelaksanaan kenduri. Sederet Prajurit Bregodo berjubah merah siap menyambut kedatangan kami di pintu masuk selatan Bunker.

Jelang prosesi, waktu menunjukkan pukul 11.00 WIB tak heran jika terik matahari terasa menyengat disekujur kulit. Meski kepanasan, kami para awak media beruntung bisa menangkap momen dengan background Gunung Merapi mengingat biasanya pada jam itu Merapi sudah bersembunyi dibalik kabut.

Disitu terlihat meja yang menyajikan nasi tumpeng, lauk pauk, buah dan pelengkap ritual yang merupakan bagian dari ‘sajen’. Prosesi dimulai dengan doa bersama sebagai wujud syukur kepada Sang Penguasa Bumi dan alam atas berkah yang diberikan untuk warga sekitar. Kemudian lanjut prosesi pelepasan burung — simbol kebebasan dari segala macam aral rintangan sekaligus pelestarian alam.

Sebagai penutup prosesi, kami semua diajak menyantap hidangan yang telah disediakan. Setelah itu, kami segera kembali ke Lapangan Boyong melanjutkan kegiatan berikutnya yakni pembagian doorprize dan hiburan musik.

“Event Kenduri Sewu Jip ini terbilang langka dan bagus sekali untuk menyatukan semua pengendara jip yang ada di lereng Merapi, terlebih mereka bisa mengemudi secara profesional, safety-nya dijaga, kesehatan kendaraan juga dijaga. Sekaligus mengundang beberapa komunitas jip tentu saja berdampak pada kunjungan wisata Kabupaten Sleman,” tutur Sri Purnomo, Bupati Sleman.

Ia menambahkan bahwa kegiatan semacam ini merupakan awal yang baik, harapan kedepannya bisa lebih baik lagi dan suatu saat akan diusahakan mendapatkan Rekor MURI kaitannya dengan event ini.

Yaps, kali ini AJWLM turut mengundang beberapa komunitas jip diantaranya Jakarta American Jeep (JAJ), Yogyakarta American Jeep(YAJ), dan Willys Lampung Community (WLC) yang kabarnya baru saja bertolak dari Jambore Jeep di Blitar.

”Adanya Kenduri Sewu Jip ini tentunya membawa kesan tersendiri bagi komunitas Willys di Indonesia, acaranya unik tak hanya memperkenalkan tradisi Indonesia tetapi juga memperkenalkan jip ke masyarakat awam,” cetus Sudaryanto sesepuh WLC.

Comments

Bergabung dengan Team Baru, Gibran Semakin Menorehkan Prestasi

Karting

GR Yaris, Mobil Andalan Toyota Untuk Menangkan Ajang World Rally Championship Segera Hadir di Indonesia

Cars

Kembalinya Kejurnas Gokart di New Normal

Karting

Putaran Pertama ISSOM 2021 Hadirkan Rivalitas Dua Tim Pabrikan dan Sedikit Kejutan Lainnya.

Race event

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect