Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Headline

Jeep Beach Buggy!

Dalam silsilah keluarga Jeep versi sipil, CJ-7 menjadi salah satu Jeep yang sangat melegenda pada masanya. Tetiba, memori saya kembali pada masa kanak-kanak, kala itu saya cukup sering diajak menonton kompetisi offroad bersama sang ayah dan saya ingat betul CJ-7 merupakan salah satu kendaraan favorit yang banyak dipakai dalam kompetisi offroad era 90an. Sekarang justru kebalikan, pecinta setia CJ tengah berlomba-lomba merestorasi kendaraan ini. Adapun demikian ada pula yang lebih memilih CJ-7 bergaya offroad meskipun jumlahnya sedikit.

Anyway, CJ-7 kemudian tergantikan oleh Wrangler YJ dengan lampu kotak, bagi banyak orang CJ-7 dianggap menjadi generasi terakhir sebagai Jeep ‘asli’. Sebuah contoh CJ-7 keluaran ‘77 milik Rossie Manning, salah satu penggemar CJ yang telah memodifikasi tunggangannya. Baginya, CJ-7 tetap menjadi platform paling populer untuk Jeep Enthusiasts.

Rossie dan keluarganya tinggal di pesisir North Carolina, Ia sengaja memodifikasi CJ-7 bergaya buggy demi membawa keluarganya bermain ke pantai di akhir pekan. Jika diamati, bak belakang telah diganti dengan Wrangler YJ dan ternyata dibalik kap mesin tersemat tenaga 350ci GM V-8. Dilihat dari hal itu CJ-7 milik Rossie mengalami upgrade yang cukup signifikan dimana untuk mengimbangi kebutuhan dan keinginan sang pemilik.

Menurut Rossie, tulang punggung tunggangannya masih mempertahankan sasis asli hanya dilapisi dengan anti karat mengingat penggunaannya di pantai. Berdasarkan alasan itu, sosok CJ-7 dibuat jangkung maka dipilihlah ban Interco Boggers ukuran 42.5×13.50R17. Untuk menjaga keseimbangan kendaraan, Ia menggunakan kit konversi full-width per daun milik Poison Spyder Customs, sehingga posisi per diluar bingkai dan posisi shackle dibelakang gardan.

Per kustom 6 inci terletak di bawah gardan dan mengandalkan satu set sokbreker dari Pro Comp untuk meredam guncangan. Bumper depan memakai Poison Spyder yang nantinya akan dilengkapi dengan winch, sedangkan bumper belakang kustom buatan Low Range 4×4 sekaligus berfungsi sebagai tire carrier. Tampilan semakin maksimal dengan adanya satu set fender dari MetalCloak dan rock slider milik Poison Spyder.

Didalam dapur pacu, anda akan menemukan mesin Chevy V8 350ci yang dilengkapi dengan mesin kit Summit termasuk cam, pengapian HEMI, intake manifold Holley, dan karburator Truck Avenger. Mesin small-block ini dikawinkan dengan transmisi manual SM465 dan transfercase Dana 20 yang digerakkan oleh satu set driveshaft Tom Wood. Tenaga dari mesin dikirim melalui gardan belakang Dana 60 full-floating dengan final gear 4.88 yang dilengkapi locker Detroit, sementara gardan depan adalah Dana 44 8-lug.

Seiring dengan kustom konversi steering yang mencakup upgrade gardan solid, Rossie memadukan sepasang 3,5 inci backspacing dari velg beadlock 17×9 KMC Machete dengan as roda full-width. Dari hasil racikan ini, sosok CJ menjadi terlihat lebar. Velg beadlock juga menjadi pertimbangan penting untuk memastikan roda tetap ‘melayang’ di atas pasir dengan tekanan angin rendah.

Selain bak yang digantikan oleh sang penerus Wrangler YJ — frame kaca depan, wiper dan jok juga diambil dari Jeep YJ dengan sabuk pengaman tiga titik. Lantaran bak diganti, bodi dinaikan sekitar 2 inci.

Comments

Bergabung dengan Team Baru, Gibran Semakin Menorehkan Prestasi

Karting

Kembalinya Kejurnas Gokart di New Normal

Karting

GR Yaris, Mobil Andalan Toyota Untuk Menangkan Ajang World Rally Championship Segera Hadir di Indonesia

Cars

HONDA RACING INDONESIA PERKENALKAN PEMBALAP MUDA BERBAKAT SEBAGAI FORMASI BARU UNTUK BALAPAN MUSIM 2021

Racers

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect