Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Headline

Menikmati Pemandangan Eksotis Di Jalur Pansela

Beberapa waktu lalu, di sosial media Instagram sempat beredar video dan postingan tentang sebuah jalanan yang sudah di mendapatkan perbaikan yaitu Jalur Pantai Selatan. Postingan foto dan video tersebut dipelopori oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ya kementrian PUPR tengah mempromosikan jalur tersebut sebagai jalur alternatif yang dapat ditempuh oleh para pemudik untuk menghindari macetnya jalur utara dan selatan. Jalur ini memang sejajar dengan jalur selatan. Tapi jalur Pansela ini menyisir sisi Pantai Selatan. Jalur ini membentang mulai dari Bayah, Banten hingga Banyuwangi, Jawa timur.

Kami memulai perjalanan dengan start dari Kota Sukabumi. Dari kota Sukabumi, kami mengarah ke kota Cianjur. Sebelum masuk ke kota Cianjur kami belok ke arah selatan hingga tembus ke daerah Sindang Barang. Sindang Barang merupakan daerah paling selatan Cianjur.

Dari Sindang Barang itulah kami mulai menikmati perjalanan sambil melihat indahnya Pantai selatan. Jalanan ini melewati Cidaun, kemudian pantai Ranca Buaya, pantai Santolo, Pantai Batu Karas dan tembus sampai Pangandaran. Jalur yang membentang sekitar 180 kilometer dari Sindang Barang hingga Pangandaran sangat nikmat untuk dilewati. Hanya saja, jalan ini akan sedikit lebih aman dan nikmat jika dilalui di siang hari.

Bukan karena tidak kriminalnya, tapi karena memang jalur ini sangat sepi namun jalanan yang membentang sepanjang 180 kilometer tersebut sangat bagus. Jika memang anda ingin melewati jalan tersebut anda harus mengisi tangki bbm penuh dulu. Pasalnya, hanya ada 3 pombensin resmi pertamina yang tersebar di sepanjang jalur tersebut.

Kami pribadi mengisi penuh tangki BBM Chevrolet Trax Premier yang kami gunakan di Cianjur. Kami baru mengisi bensin kembali di Pangandaraan. Untuk ukuran mobil LCGC, kami rasa cukup mengisi di lokasi yang sama dengan yang kami gunakan untuk dapat melalui jalur tersebut.

Tapi, di sepanjang jalan tersebut jangan harap anda dapat menemukan ATM. Tapi jika memang Anda terdesak untuk mengambil uang, anda bisa mendatangi mini market yang tersebar di sepanjang jalur tersebut untuk mengambil uang. Tapi untuk melakukan tarik tunai di mini market tersebut, Anda harus melakukan belanja sebanyak Rp 25Ribu lebih dulu.

Saat itu kami memutuskan untuk meninap satu malam di daerah Cijulang. Di daerah tersebut terdapat wisata Pantai Batu Karas dan Green Canyon. Di pagi hari kami kembali melanjutkan perjalanan dan tetap melewati jalur selatan. Kami tidak naik ke Banjar, tapi kami melewati Kalipucang Sidareja. Daerah tersebut merupakan perbatasan Jawa Barat dan Jawa Timur. Untuk memotong ke Cilacap, jalur ini sangat Recommended untuk dilewati karena memang sangat memotong waktu tempuh.

Pemandangan indah kembali kami lalui ketika sudah memasuki sisi Selatan Kebumen. Disana terdapat wisata Mangrove Kebumen dan juga Pantai Logending. Jajaran wisata pantai selatan tak hanya sampai disitu saja, ada beberapa lokasi lagi seperti bukit Wanalela. Di bukit ini kita bisa melihat pemandangan perbukitan sekaligus laut. Selain itu tempat wisata Pantai logending pun bisa terlihat jelas.

Jika Anda tak sempat melewati jalur ini ketika pulang ke kampung halaman, ketika Anda kembali ke Jakarta pun bisa melewati jalur tersebut sembari berwisata bersama keluarga.

 

Bonus foto:

                

Comments

Bergabung dengan Team Baru, Gibran Semakin Menorehkan Prestasi

Karting

Kembalinya Kejurnas Gokart di New Normal

Karting

GR Yaris, Mobil Andalan Toyota Untuk Menangkan Ajang World Rally Championship Segera Hadir di Indonesia

Cars

HONDA RACING INDONESIA PERKENALKAN PEMBALAP MUDA BERBAKAT SEBAGAI FORMASI BARU UNTUK BALAPAN MUSIM 2021

Racers

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect