Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Drift

Penuh Kendala Akbar Rais Juarai Borneo Drift Challenge 2019 #1

Sabah – Berawal dari keinginan hanya memenuhi undangan Foosing Racing Team dan ingin mendapatkan pengalaman, Akbar Rais malah membuktikan dirinya berhasil merebut gelar juara dalam ajang Borneo Drift Challenge 2019 putaran pertama 23 – 24 Maret 2019). Namun perjalanan menuju ke babak final hingga merebut gelar juara, harus dijalani Akbar Rais dengan cukup berat yang turun di kelas Expert. 

Awalnya Akbar Rais harus berdiskusi dan mengetahui tentang mobil yang digunakan. Sebenarnya kemampuan mobil yang digunakan hanya dapat hingga gear 2 tetapi Akbar yakin akan dapat lebih melaju dengan gear 3. Demi mendapatkan karakter dari Toyota AE86, 14 run dilakukan Akbar Rais pada saat latihan resmi. Dari 14 kali berlatih, hanya tiga kali dirinya menjajal mobil tanpa mengandalkan bantuan NOS.

Akbar Rais at Borneo Drift Challenge 2019

“Ini pertama kalinya menggunakan sasis dan mesin yang seperti ini. Sempat tidak puas jika hanya mengunakan gear 2, tetapi karena kesempatan membuat mobil lebih melaju dengan gear ke tiga akhirnya bisa kita lakukan.  Setelah 4 kali run mendapatkan karakter, selanjutnya saya mencoba menambahkan apa yang harus dilakukan untuk menghadapi babak tandem.”

Namun berlatih tidak mengunakan NOS, ternyata tanpa disadari sedikit membantu ketika permasalahan mobil mulai hadir. Toyota ae86 bermesin 3sgte N/A 2000cc yang sebenarnya mengandalkan bantuan dari NOS akhirnya terkendala. Akbar Rais memang berhasilan meraih peringkat keempat dalam kualifikasi, tetapi harus dilaluinya tanpa menggunakan NOS,”Tiba – tiba NOS nya mampet jadi harus memaksimalkan kemampuan mobil dan dipastikan harus berlaga di babak battle tanpa dukungan NOS. Jadi semenjak awal berlaga di 16 besar hingga final tanpa bantuan NOS.”

Sebenarnya bukan hanya tentang sasis hingga mesin mobil yang baru pertama kali digunakan Akbar Rais, mobil Toyota AE86 ternyata tidak mengunakan Power Steering, alhasil tidak bisa melakukan banyak koreksi. Jadi harus langsung melakukan gerakan yang benar sejak awal.”Kalo salah sedikit jadi berat banget untuk mengkoreksinya, tapi yang pasti baru kali ini saya bangun tidur merasakan sakit semua pada bagian tangan hingga ke bahu… hahahahaha…”

16 Besar Borneo Drift Challenge 2019 round 1

Pada babak 16 besar, Akbar Rais harus menghadapi Benedict – salah satu drifter Pro asal Sabah. Melawan mobil 200SX bermesin 2JZ tentu sedikit membuat Akbar Rais harus sedikit gentar, apalagi semua mobil yang masuk ke 16 besar menggunakan Turbo. “Tanpa NOS, power mobil jadi drastis tapi untuk mengatasi hal ini tekanan udara pada ban saya turunkan hingga 15Psi dan hanya menggunakan gear 2.”

Berhasil melaju ke babak 8 besar, ujian berat telah menantinya. Drift King Sabah yang bernama Mah Lao  telah menantinya dengan mengandalkan mobil S15 bermesin SR20. “Memperebutkan tiket ke empat besar atau semi final memang cukup berat. Saya bilang paling serem karena Mah Lao termasuk drifter yang sangat konsisten. Hasilnya harus ada One More Time sebelum juri memutuskan saya sebagai pemenangnya dalam duel 8 besar.”

Akbar Rais Juarai Borneo Drift Challenge 2019

Battle ‘hot’ pun terjadi kembali pada best 4, Fazreen Ismail yang juga rekan satu tim di Foosing Racing Team menjadi lawan Akbar Rais. Fazreen yang menggunakan Nissan S15 bermesin 1JZ tentunya siap menghadang langkah Akbar Rais. Setelah duel sengit yang dilakukan keduanya, Akbar Rais kembali membuktikan kemampuannya dan berhak melaju ke babak final. Dan yang dihadapinya Gui Foo Sing – sang pemilik Foosing Racing Team.

Akbar Rais Jadi Juarai Borneo Drift Challenge 2019

Gui Foo Sing yang menggunakan Nissan S15  bermesin 1JZ dengan kemampuan tenaga mencapai 400Hp. Namun kedua mobil yang telah menjalani pertarungan habis – habisan sebelum masuk babak final, ternyata ban mobil benar – benar habis. “Pertarungan di babak final cukup intens sebelum saya diputuskan berhasil meraih gelar juara Borneo Drift Challenge 2019 putaran pertama. Terima kasih untuk Foosing Racing Team yang telah mengundang dan mendukung saya dalam ajang drift ini.”

Foosing Racing Team at Borneo Drift Challenge 2019

Akbar Rais pun ingin kembali dapat berlaga pada dua putaran yang tersisa dari Borneo Drift Challenge 2019. Dan tentunya ingin mendapatkan banyak pengalaman seperti yang dirasakan sekarang. “Kebetulan poin sedang leading, jadi sangat mungkin akan ikut pada dua seri selanjutnya. “ 

 

Dok foto: Hafiz Ramli

Comments

Bergabung dengan Team Baru, Gibran Semakin Menorehkan Prestasi

Karting

GR Yaris, Mobil Andalan Toyota Untuk Menangkan Ajang World Rally Championship Segera Hadir di Indonesia

Cars

Kembalinya Kejurnas Gokart di New Normal

Karting

Putaran Pertama ISSOM 2021 Hadirkan Rivalitas Dua Tim Pabrikan dan Sedikit Kejutan Lainnya.

Race event

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect