Connect with us

Community

RALLY LOOKS STATION, BERAWAL DARI MUDFLAP HINGGA KE BANYAK HAL

Ada yang suka mengikuti perkembangan balap rally atau malah suka mobil dengan tampilan rally look?. Nah kalian bisa deh coba kunjungi dagangan dari Rally Look Station (@rallylookstation) milik Aditya Perdana. Beberapa waktu lalu dirinya berbagi cerita ke Fastnlow.net bagaimana ia bisa berkecimpung di jual beli pernak-pernak rally.

Seperti kebanyakan orang yang memulai dari hobi atau kesukaan, ternyata Adit memulai Rally Looks Station sebagai wadah baginya yang suka dengan balap rally seperti time rally dan sprint rally. Rally Look Station dimulai ketika ia masih berdomisili di Malang, saat itu ia hanya berjualan mudflaps yang memang umum dipakai oleh mobil-mobil yang mengikuti balap rally. Menurutnya lama-kelamaan sekarang trend membangun mobil semakin berkembang dan tak selalu melulu berpatokan ke konsep ceper dan street racing. Balapan rally semakin dikenal masyarakat dan mulailah mereka menyukai style yang dimiliki oleh mobil balap rally, hingga ada komunitas Rally Look Indonesia yang memang lebih menyukai mendadani mobil mereka bak mobil balap rally. Dengan perkembangannya inilah Adit semakin tertarik untuk “bermain” di ranah pernak-pernak rally.

Sempat bermula di Malang, perjalanan Adit dimulai dengan menjual mudflap ataupun mudguard ke komunitas time rally lokal di awal 2000-an. Pernah vakum, tetapi setelah berpindah ke Jogja ia kembali aktif lagi pada tahun 2016. Di tahun tersebut Jogja juga tengah cukup aktif pergeliatan rallynya, saat itu Rally Look Station membuka lapak di sirkuit Tambakrejo yang kebetulan sedang ada kegiatan Sprint Rally dan acara Retromatic 7 di bulan berikutnya. Dari kedua acara tersebut lahirlah kembali Rally Look Station yang dipenuhi dengan semangat baru.

Berfokus di pernak-pernik berbau rally, Rally Look Station tak puas hanya dengan menawarkan komponen mobil seperti mudflap, lampu sorot dan velg saja. Didorong oleh permintaan para konsumen, Adit mulai menerima berbagai rekues dari klien yang meminta disediakan barang lain seperti sepatu balap, setir, hingga barang-barang lainnya. Menurutnya, kebutuhan para konsumennya ternyata tidak selalu barang-barang yang menempel pada mobil saja.  Barang seperti kursi paddock, sandal, handuk dan item yang tergolong dalam barang merchandise pun ternyata juga tidak luput dicari orang yang memang berkecimpung di dunia rally.

Adit dan Rally Look Station selalu mengedepankan harga yang sangat bersahabat. Baginya harga yang masuk akal dan nyaman di kantong akan membawa pembeli lamanya terus kembali, sekaligus menarik pembeli baru tentunya. Barang lokal hingga import selalu dipatok dengan harga yang terjangkau dan reasonable, karena itu tak jarang ada pembeli yang kembali dan menanyakan ketersediaan beberapa barang tertentu. Merasa ini adalah peluang, Adit pun mulai menjelajahi dunia maya seperti eBay untuk “hunting” barang-barang tertentu. Produk yang dijual oleh Rally Look Station pun lama kelamaan semakin bervariasi.

Dari Instagram kemudian merambah ke marketplace online seperti Tokopedia dan Shopee. Dari lapak online ini Adit dan lapak semakin kedatangan banyak pelanggan baru. Menariknya, mudflap masih juga jadi barang yang sering ditanyakan. Di lapaknya,mudflap buatan lokal dikemas dengan harga yang menarik hingga Adit sendiri berani bilang harganya adalah yang paling rendah se-Indonesia. Dan mudflap lokal tersebut memang bisa dipakai hingga kelas kompetisi. Sebut saja satu set mudflap ukuran normal 45cmx30cm yang hanya dijual seharga 250 ribu. Jika ada yang bertanya harga yang lebih murah lagi, solusinya Adit menawarkan ukuran yang lebih kecil tapi tetap bagus dan cocok ketika dipasang ke mobil harian saat ini yang kadang tidak datang dengan mudflap bawaan.

Ketika ditanya adakah hal menarik dari berjualan selama ini, Adit menjawab bahwa tantangan rekues dari pelangganlah yang membuat ia semangat. Beberapa rekues berupa permintaan membuat tas helm, tas baju balap, dan sepatu secara tak langsung membuat Adit semakin berkembang. Dari belajar membuat hingga akhirnya bekerjasama dengan beberapa pengrajin untuk membuat berbagai barang yang dibutuhkan para pelanggannya yang notabene adalah pelaku balap baik lokal di Jogja ataupun luar Jogja.

Bisa memenuhi kebutuhan pelanggan adalah kebanggan tersediri. “Saya nda nyari keuntungan yang besar, ngga, yang penting prinsip saya kalo bisa saya jual murah kenapa harus jual mahal.” Ungkap Adit. Pembelian barang import pun dirinya sangat terbuka dengan harga barang dan dan pajak yang dikenakannya, intinya sih baginya fair-fair aja prosesnya. Yang terpenting keuntungan bisa digunakan untuk memutar kembali uangnya.

Perihal apa yang mau dikerjakan di kemudian hari, Adit sedang membuat bidang usaha baru yang dinamakan @petrolheadgear di Instagram. Masih berkutat di dunia otomotif khususnya balap, ia menjual perlengkapan tas baju balap, tas helm, sepatu, dan berbagai gear lainnya yang bisa di-custom dan dipersonalisasi sesuai kemauan pembeli. Contohnya tas baju balap yang bisa diubah warna, desain, bordir, dan nama agar mengurangi resiko tertukar. Untuk desain barang yang benar-benar baru pun bisa dikerjakan, tetapi dengan waktu dan effort lebih untuk pengembangannya dulu tentunya.

Untuk kedepannya keinginan untuk membuat sarung tangan balap, balaclava hingga baju balap masih coba dikejar oleh Adit. Kebetulan ia punya kenalan di Pakistan yang merupakan produsen baju balap gokart berstandar FIA, harganya pun dianggap menarik untuk diboyong ke tanah air. Sedikit kesulitan ada pada penentuan harga setelah terkena pajak dan bea cukai, tapi nanti akan tetap diusahakan memiliki harga yang masuk akal.

Bagi yang berminat dengan barang-barang berbau rally bisa langsung kalian cek Instagram Rally Look Station di @rallylookstation, pssst Rifat Sungkar saja follow lho. Dan yang ingin buat desain perlengkapan balap bisa dikunjungi juga @petrolheadgear.

Comments

New BMW M135i dan New BMW M235i Gran Coupe hadir untuk pertama kali di Surabaya.

Cars

Ibadah Kustom Lebih Khitmad di Kustomfest 2020 Unrestricted

Show / festival

HONDA MENAMPILKAN WARNA ‘RACING BLUE’ PADA AJANG HONDA CIVIC TYPE R TCR DI AUSTRALIA

Race Car

JIExpo Dapat Surat Keputusan Pembukaan Kembali Kegiatan Pameran, IIMS Februari 2021 Selangkah Lagi Terwujud

Exhibition

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect