Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Headline

Sumitomo Kembangkan Teknologi Energi Listrik dari Rotasi Ban

Sumitomo Rubber Industries Ltd. (SRI) bekerja sama dengan Profesor Hiroshi Tani dari Universitas Kansai dalam mengembangkan teknologi baru untuk menghasilkan tenaga listrik dari rotasi ban. Sumitomo menyebut teknologi Energy Harvester menggunakan built-up listrik statis yang juga disebut frictional charging untuk menghasilkan listrik secara efisien ketika ban berputar.

Para ilmuwan meyakini Energy Harvester dapat mengarahkan pada aplikasi praktis sebagai sumber tenaga untuk sensor yang digunakan dalam TPMS (Tire Pressure Monitoring Systems) dan perangkat otomotif lainnya tanpa menggunakan baterai.

“Energy Harvester terdiri dari dua lapisan karet yang keduanya tertutup elektroda, film bermuatan negatif berinteraksi dengan film bermuatan positif. Ketika terpasang dibagian dalam ban konvensional, ia menghasilkan listrik dari putaran ban,” cetus Sumitomo Rubber.

Perusahaan menambahkan bahwa proses ini melibatkan perangkat pembangkit listrik (Energy Harvester) didalam ban untuk mengubah listrik statis yang terjadi didalam ban menjadi energi bersih. “Kami percaya teknologi ini berpotensi besar untuk aplikasi praktis dalam berbagai alat digital otomotif,” imbuh SRI.

Proyek ini merupakan bagian dari SRI “smart tire concept” yang bertujuan untuk menanggapi perubahan yang terjadi diseluruh sektor industri otomotif tanpa meninggalkan unsur keselamatan, kinerja lingkungan dan digitalisasi.

Adapun metode produksi energi digunakan untuk menambah daya kendaraan listrik atau hibrida, Sumitomo Rubber mengklaim bahwa aplikasi ini lebih mengarah pada sistem manajemen tekanan ban. Selebihnya perusahaan belum bisa memastikan kapan sumber daya ini akan diproduksi, akan tetapi yang jelas SRI masih berkutat pada penelitian dengan dukungan dari badan sains dan teknologi Jepang.

Comments

Bergabung dengan Team Baru, Gibran Semakin Menorehkan Prestasi

Karting

Kembalinya Kejurnas Gokart di New Normal

Karting

GR Yaris, Mobil Andalan Toyota Untuk Menangkan Ajang World Rally Championship Segera Hadir di Indonesia

Cars

HONDA RACING INDONESIA PERKENALKAN PEMBALAP MUDA BERBAKAT SEBAGAI FORMASI BARU UNTUK BALAPAN MUSIM 2021

Racers

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect