Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Headline

Kisah Nekat Denny Pribadi Sang ‘Bonek’

Jika sudah membaca pada liputan sebelumnya tentang ‘Kisah Di balik Deretan Sponsor Denny Pribadi‘, rasanya tidak lengkap tanpa mengenal sosok pembalap asal Surabaya yang kerap dijuluki ‘bonek’ yang tetap konsisten dengan Corolla DX ‘Bonek’nya dari awal mendulang trophy dalam balapan Touring ISSOM di Sirkuit Sentul International. Yang pasti dari silsilah keluarga tidak ada darah pembalap yang mengalir dalam DNA dari Denny Pribadi. Namun dirinya sangat menyukai dunia otomotif, khususnya balapan semenjak kecil, yang saat ini lebih dikenal dengan panggilan Depri.

Mengawali dengan mengikuti balapan mengunakan sepeda sejak masih duduk di Sekolah Dasar (SD), kemudian SMP meningkat balap sepeda motor hingga meningkat ke SMA. “Dulu waktu masih SMP, saya sudah sangat suka dengan ‘trek – trekan’ motor. Kemudian beralih ke mobil awalnya berani menjajal dengan membawa mobil tanpa meminta izin, tapi saat itu dini hari sehingga masih sangat sepi rasanya nekat banget.”

Berbeda dengan anak – anak SMA yang saat itu cenderung lebih senang berkumpul untuk tawuran, Depri malah memilih ‘trek – trekan’ alias balapan liar di jalan raya. Setelah menginjak kuliah, mulai tertarik melihat aksi – aksi balap pada ajang Slalom Test di Kota Surabaya “Mulai coba – coba mengikuti slalom test, modalnya nekat doang, dari sini awal saya mulai tertarik dunia balap. Sempat pula ikut – ikutan Sprint Rally yang saat itu di Pantai Kenjeran – Surabaya dan Gunung Kapur – Gresik”.

Mobil Corolla DX yang kini telah mendapatkan banyak livery sponsor, yang didapat dengan susah payah, deretan sponsor brand ternama seperti TOTAL OIL, GT RADIAL Tyre, KRATINGDAENG Energy Drink, NGK Busi, PRESTONE Brake Fluid, BREMBO Brake Disc, TRW Brake Pads dan WILLBERN Racing Performance Energy, ternyata mobil ini yang pertama kali digunakan oleh Depri untuk balapan. “Awalnya ini mobil ayah saya yang dibeli pada 1987, sekarang sudah berpindah menjadi milik saya. Dulu jika ingin melakukan modifikasi harus menabung dulu,” ungkap Bonek yang sempat balap menggunakan Nissan Cefiro dan Mercedes Benz di balap drifting dan touring.

Awalnya Corolla DX ‘Bonek’ menggunakan mesin 4K, namun seiring kebutuhannya dalam dunia balap akhirnya harus tergantikan. Karena taat dalam membayar pajak Corolla DX ‘Bonek’nya hingga saat ini, mesin 4Knya masih tersimpan rapi untuk esek-esek no mesin, diganti 5K, lalu 7K, hingga 7AGE N/A dan dari konsultasi ke tuner – tuner senior pada saat itu, pilihannya jatuh ke 7AGE-TURBO (Saat itu terkenal dengan sebutan mesin ‘Frankenstein’) sampai saat ini. Alasannya karena dimensi mesin kecil sehingga bobot mobil tidak terlalu berat, terlebih jika mengalami kerusakan, mesin tersebut cukup banyak beredar di Indonesia sehingga mudah mencari parts penggantinya.”

Bisa dikatakan, modal nekat ‘bonek’ dilakukan dalam mengawali dirinya terjun ke dunia balap. Memang awal yang menyedihkan karena harus balapan dengan mobil seadanya. Namun tidak patah semangat, pada waktu itu berpikir kok bisa pembalap – pembalap mendapatkan sponsor, dari situlah modal nekat untuk mencari sponsor, bikin proposal dan kirim ke perusahaan – perusahaan layaknya orang mencari kerja, keinginan yang besar akhirnya berbuah manis dan saat ini dipercayanya sebagai Brand Ambassador TOTAL OIL pabrikan pelumas asal Perancis terbesar ke-4 di dunia dan sederet sponsor brand besar lainnya. “Saya tidak pernah sekolah balap, semua otodidak, baca buku & internet dan tanya – tanya ke senior serta modal nekat alias ‘bonek’. Namun pastinya tidak lepas dari dukungan besar dari kedua orang tua tercinta saya” tuturnya.

Karena cintanya di dunia motorsports bahkan Depri kini dijuluki oleh teman – teman balap, yaitu ‘Sembalap’ tentunya bukan tanpa sebab, karena bukan hanya menggeluti 1 kategori balap saja. Dirinya berlaga dalam berbagai ajang motorsport seperti Slalom/Gymkhana, Drifting, Touring Car, Sprint Rally, Speed Rally dan Speed Offroad. Sehingga tidak salah jika ‘Sembarang Di Balap’ a.k.a SEMBALAP melekat julukan padanya, dari sembalap ini Depri mempunyai banyak ‘link’ teman – teman dari berbagai lintas di dunia balap. Walau telah besar sebagai pembalap serba bisa, tentunya tidak ingin berbesar hati, tetap rendah hati dan ramah kepada siapapun seperti tokoh idolanya yakni Om Herry Agung. “Pada awal balapan dulu di Sentul saya banyak bertanya ke beliau, orangnya tidak sombong dan selalu memberikan ilmunya tentang dunia balap dengan senyum ramahnya. Hal ini yang saya jadikan panutan. Saat ini saya juga mempunyai ‘murid’ menjadi ‘guru’ mentor di Balap Touring ISSOM Sentul dan di Speed Offroad IXOR, jadi tidak percuma punya ilmu dan bisa diturunkan.”

“Sulit, kalo ada yang menyuruh saya memilih balap apa yang saya senangi. Tapi jika harus memilih salah satu, saya memilih balap touring karena balapannya lama 12 lap dan serunya startnya rame – rame. Adrenalin lebih terpacu terutama setelah lampu merah start padam, gas pol berebut posisi hingga masuk ke tikungan R1. Selanjutnya saya memilih drifting karena unsur entertainmennya sangat tinggi. Asyiknya mobil bisa jalan miring dengan kecepatan tinggi. Seperti ‘Lost control but under control’.”

Hal ini yang membuat Depri masih ingin menjadi promotor balap nasional karena target menjadi seorang pembalap dan mentor telah terpenuhi. Lulusan Arsitektur ini hari – harinya adalah arsitek, ingin membesarkan dunia motorsport di Indonesia. “Saat ini, saya mencoba dengan event seperti DRIFT++ dan DRIFT CAMP. Saya memiliki keinginan dan cita – cita yakni memajukan dunia motorsport di tanah air dan ingin menjadi Promotor Nasional.” pungkas pembalap yang sudah menghasilkan piala sekitar 150 lbh berjejer di rumahnya, yang memiliki motto #BejegAbisJanganKasihKendor

Comments

Bergabung dengan Team Baru, Gibran Semakin Menorehkan Prestasi

Karting

GR Yaris, Mobil Andalan Toyota Untuk Menangkan Ajang World Rally Championship Segera Hadir di Indonesia

Cars

Kembalinya Kejurnas Gokart di New Normal

Karting

Putaran Pertama ISSOM 2021 Hadirkan Rivalitas Dua Tim Pabrikan dan Sedikit Kejutan Lainnya.

Race event

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect